Ini adalah bukti komitmen pemerintah dalam penerapan sistem merit dalam pengangkatan dan mutasi pejabat, tanpa diskriminasi
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat menerima Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan kategori baik dalam penerapan sistem merit

Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

"Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Sambas menerima Anugerah Meritokrasi 2021 dari KASN. Ini adalah bukti komitmen pemerintah dalam penerapan sistem merit dalam pengangkatan dan mutasi pejabat, tanpa diskriminasi," kata Bupati Sambas, Satono saat dihubungi, Selasa.

Penghargaan diterima langsung Bupati Sambas dari  Ketua Komisi ASN Agus Pramusinto di Jakarta bersama sejumlah kepala daerah lainnya.

Satono mengatakan, dalam pemilihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, tidak mesti berdasarkan senioritas, namun lebih kepada siapa yang mampu dan layak untuk diberikan kesempatan menjadi pemimpin.

"Itulah yang menjadi poin penting penilaian KASN dalam penerapan sistem merit di Pemerintah Kabupaten Sambas. Di mana kita berupaya semaksimal mungkin untuk menempatkan SDM yang profesional dan proporsional di tempatnya tanpa memandang senioritas dan diskriminasi," katanya.

Satono mengatakan banyak penilaian yang mempengaruhi sistem merit tersebut, diantaranya perilaku, prestasi, kompetensi, etika dalam bekerja dan kemampuan manajerial. Hal itu kata dia, selaras dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

"SDM yang punya kualitas tentu akan memberikan dampak yang baik bagi pelayanan kepada masyarakat dan penerapan sistem reformasi birokrasi," pungkasnya.
Baca juga: Bupati Sambas bahas program turunkan angka stunting
Baca juga: Bupati Sambas buka TMMD di daerah perbatasan
Baca juga: Bupati Sambas dukung PKK Tempapan kembangkan produk hilir dari nanas

Pewarta: Dedi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021