Pontianak (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan mendukung program penyelamatan orang utan yang dilakukan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

"YIARI ikut menjaga hutan demi kelestarian orang utan. Jadi apa yang dilakukan YIARI membina petani di Ketapang ada kaitannya dengan program yang selalu saya dorong melalui APBN. Sangat mendukung program penyelamatan orang utan," ujarnya saat dihubungi di Ketapang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa kalau program YIARI ini semakin berhasil tentu bisa dicontoh banyak wilayah lainnya.

"Artinya cara paling efektif menyelamatkan hutan dan orang utan adalah memberikan pemberdayaan kepada masyarakat dengan meningkatkan perekonomiannya," lanjutnya.

Baca juga: Penyelamatan induk dan anak orang utan di Kotim jadi perhatian warga

Menurut dia, selama ini belum ada kerja sama khusus antara dirinya atau program pemerintah dengan YIARI.

"Tapi ke depan kita komitmen terhadap apa yang diprogramkan YIARI kita dorong agar berhasil baik, termasuk mendukung dengan program-program aspirasi yang ada dan sesuai aturan," tutur Daniel.

Dia melakukan Temu Wicara di Pusat Pembelajaran Sir Michael Uren di Lokasi YIARI. Pada kegiatan ini YIARI menyampaikan banyak program dan apa yang telah dilakukannya selama ini, di antaranya membina petani sebagai satu di antara berbagai upaya menyelamatkan hutan dan orang utan.

Daniel Johan mengatakan kunjungan ini untuk memberikan dukungan moral kepada YIARI lantaran telah belasan tahun berkomitmen menjaga kelangsungan hidup orang utan.

Selain itu, ia mengapresiasi YIARI yang semakin merumuskan pendekatan utuh cara menyelamatkan orang utan.

Baca juga: Bayi orang utan di Ketapang diselamatkan
Baca juga: Relawan bagikan pisang kampanyekan penyelamatan orang utan

Pewarta: Dedi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021