Lubuk Basung (ANTARA) - Harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) kembali muncul di Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Selareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan sempat mengejar lima ekor sapi milik warga setempat, Senin pagi ini.

Pemilik sapi, Doni (19) di Lubuk Basung, Senin, mengatakan kejadian itu diketahui saat ia hendak melihat sapi di kadang dengan jarak sekitar 100 meter dari rumahnya pada sekitar pukul 07.00 WIB.

"Sesampai di kandang, saya tidak menemukan dua ekor sapi milik saya beserta tiga ekor sapi milik Bibi atas nama Zara (35)," katanya. Di sekitar kandang hanya menemukan jejak kaki harimau.

Setelah itu, ia mencari keberadaan ke lima ekor sapi di sekitar, namun tidak kunjung ditemukan.

Baca juga: BKSDA Sumbar usir harimau mangsa ternak warga Agam ke

Baca juga: BKDSA Sumbar pasang kamera jebak di lokasi ternak dimangsa harimau


Dengan tidak kunjung ditemukan, ia mencari di sekitar perbukitan dengan jarak 300 meter dari kandang.

"Ke lima ekor sapi itu saya temukan dan langsung saya bawa ke rumah. Saat ini sapi itu saya kandangkan di halaman rumah," katanya.

Ia menambahkan, sapi tersebut tidak diikat di kandang, sehingga saat harimau menyerang ternak, langsung melarikan diri ke lokasi lebih aman.

Lokasi kandangnya tidak jauh dari lokasi dua ekor sapi yang dimangsa harimau pada Selasa (30/11) dan hanya berjarak sekitar 300 meter.

Sementara itu, Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Ade Putra menambahkan pihaknya mendapatkan konflik manusia dengan satwa berupa harimau pada Senin malam.

"Kami akan turun ke lokasi untuk melakukan penanganan pada Selasa (7/12) pagi untuk memastikan apakah satwa yang muncul saat ini sama dengan individu beberapa hari sebelumnya, dan tidak tertutup kemungkinan bakal dilakukan upaya evakuasi dengan memasang kandang jebak, mengingat upaya pengusiran telah kita lakukan selama empat hari," katanya.

Sebelumnya, Tim KSDA Agam telah menangani konflik manusia dengan harimau dengan cara memasang dua kamera jebakan di lokasi dua ekor sapi milik Rano (38) dimangsa harimau.

Setelah itu, Tim Resor KSDA Agam beserta masyarakat setempat melakukan pengusiran harimau pada malam hari.

"Setelah dilakukan pengusiran selama tiga hari, satwa sudah mengarah ke kawasan hutan lindung Agam yang berbatasan dengan Pasaman," katanya. (*)

Baca juga: Dua ekor sapi milik warga Mahur Hilia Agam dimangsa harimau

Baca juga: BKSDA bentuk Tim Pagari dukung nagari Ramah Harimau di Agam

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021