Komisi VII DPR menyambut baik diangkatnya dirut baru di PLN. Kami punya harapan yang lebih luas dan lebih besar karena beliau memang orang yang punya kemampuan di bidangnya
Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru atau biasa disapa Gus Falah mengapresiasi pengangkatan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN menggantikan posisi Zulkifli Zaini.

"Komisi VII DPR menyambut baik diangkatnya dirut baru di PLN. Kami punya harapan yang lebih luas dan lebih besar karena beliau memang orang yang punya kemampuan di bidangnya," kata Gus Falah dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan kepemimpinan baru di tubuh PLN itu diharapkan bisa melahirkan berbagai terobosan untuk menyediakan energi bagi masyarakat di Indonesia.

Apalagi perseroan mencatatkan kondisi keuangan yang sehat dalam dua tahun terakhir bisa menjadi amunisi untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam upaya mewujudkan energi bersih di Indonesia.
 
Dalam kurun dua tahun, PLN telah memperbaiki kinerja keuangan dan berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp345,4 triliun dan mencapai laba bersih Rp5,99 triliun pada 2020. Laba itu naik 39,3 persen dibandingkan pada 2019. Perseroan juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang menjadi senilai Rp452,4 triliun.
 
"PLN harus memahami tantangan ke depan tantangan clean energy dan digitalisasi servis kepada masyarakat yang penerapan eco-lifestyle yang menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang lebih baik," ujar Gus Falah.
 
Lebih lanjut dia menuturkan bahwa kepemimpinan Darmawan Prasodjo di PLN juga dihadapkan pada tantangan untuk menjalankan energi baru terbarukan dan konservasi energi, karena hal ini menjadi kunci dari ketahanan energi nasional.
 
"Darmawan sebagai Dirut PLN pasti bisa menjadi leader yang baik dan amanah buat bangsa dan negara, dan untuk membawa PLN bisa menerangi rakyat, dari sabang Sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Komisi VII DPR yakin beliau bisa menjalankan dengan baik amanah itu,” kata Gus Falah yang menjabat Sekretaris Utama PP Baitul Muslimin Indonesia ini.

Baca juga: Zulkifli Zaini diganti, Darmawan Prasodjo jabat Dirut PLN

Baca juga: Percepat ekonomi hijau, Erick Thohir terus dorong transformasi PLN

Baca juga: Erick Thohir minta PLN bersiap sambut gaya hidup ramah lingkungan

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021