Sidoarjo (ANTARA) - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali memberangkatkan bantuan tenaga medis, obat-obatan dan bahan makanan serta kebutuhan dasar untuk warga korban awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Bantuan ini merupakan tahap pertama dari rangkaian bantuan yang akan dikirimkan Pemkab Sidoarjo untuk membantu meringankan beban warga korban letusan Gunung Semeru.

"Hari ini kami memberangkatkan bantuan dari Pemkab Sidoarjo untuk membantu saudara-saudara korban letusan Gunung Semeru. Ada tenaga medis dari RSUD Sidoarjo yang kita berangkatkan bersama dengan bantuan obat-obatan, bahan makanan, perlengkapan bayi," ujar Gus Muhdlor, panggilan akrab Bupati Muhdlor, saat memberangkatkan bantuan dari Pendopo Delta Wibawa, Senin.

Bantuan itu terdiri dari tenaga dokter, perawat dan penata anestesi, termasuk obat-obatan serta vitamin. Selain itu juga dikirimkan kebutuhan warga seperti sembako, air minum, pakaian dalam, perlengkapan perempuan seperti pembalut, kebutuhan bayi mulai pampers, baju, minyak telon, hingga bubur dan susu bayi, juga termasuk uang tunai untuk membantu warga.

Baca juga: Tempat evakuasi korban Semeru jadi tontonan warga

Baca juga: Kominfo: Erupsi Semeru akibatkan sebagian BTS operator seluler "down"


Bupati Muhdlor mengatakan selain membantu korban, para tenaga medis yang diberangkatkan juga sekaligus akan melakukan pemetaan untuk kebutuhan lanjutan yang diperlukan di lokasi bencana.

"Kiriman pertama ini untuk memetakan yang dibutuhkan di lapangan nanti, sementara yang kita sasar adalah bantuan-bantuan terkait pengobatan termasuk tenaga medisnya," ujarnya.

Hari ini ada tujuh tenaga medis yang akan ganti sif setiap 3 hari dan akan diikuti kloter-kloter lainnya, termasuk juga besok ada bantuan sembako dan lainnya.

"Kami tidak bicara tentang kewilayahan administrasi, kita sedang bicara sosial dan kemanusiaan. Ini murni dari Pemkab Sidoarjo untuk membantu saudara kita yang ada di Lumajang dan sekitarnya," ujarnya.

Gus Muhdlor menyampaikan untuk lama penempatan bantuan tenaga medis, sifatnya masih tentatif melihat kondisi di lapangan.

Dia juga memerintahkan tenaga medis yang berangkat hari ini untuk mencari tempat berkumpulnya para relawan termasuk rencana mendirikan dapur umum di lokasi pengungsian warga.

"Kami akan carikan titik kumpul para relawan dari Sidoarjo. Termasuk juga rencana mendirikan dapur umum. Ini masih kita bahas," kata Muhdlor.

Selain tenaga medis, dari Sidoarjo juga akan mengirim para relawan termasuk dari ormas juga ikut membantu warga yang terdampak terjangan awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.*

Baca juga: Baguna PDIP Surabaya kirim bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Baca juga: PKS Jateng siagakan sukarelawan bantu penanganan erupsi Semeru

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021