Jakarta (ANTARA News) - Tiga bayi dari tiga tenaga kerja Indonesia (TKI) lahir dalam pelayaran di kapal Labobar yang mengangkut ribuan WNI/TKI menuju Tanah Air sejak diberangkatkan dari Pelabuhan Jeddah, Arab Saudi, pada Sabtu ((23/4) dini hari WIB.

Imam Bukhori, petugas pendataan TKI dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui layanan pesan singkat (SMS) dari kapal milik PT Pelni yang sedang merapat di Pelabuhan Padang, Sumbar, Senin, menyebutkan Rabiah binti Musa Hasan (31 tahun) melahirkan bayi laki-laki di kapal pada Sabtu (30/4).

Bayi tersebut diberi nama Mohammad Laboransah dan lahir dalam kondisi sehat dengan berat badan tiga kilogram dan panjang 42 centimeter.

Rabiah berasal dari Desa Sumbawa RT 01 RW 07 Kecamatan Alas Barat, Kabupaten SUmbawa, NTB, dan dia bekerja sebagai penata laksana rumah tanggai di rumah majikannya bernama Ahmad Beki di Al Baha, Thaif.

Rabiah diberangkatkan melalui PT Safir Amal Sejati pada 1 Maret 2008 ke Arab Saudi dan dia dipulangkan karena hamil.

Suami Rabiah bernama Mustafa (32 tahun) asal Temanggung, Jawa Tengah, sekarang bekerja sebagai sopir di Thaif.

Proses persalinan Rabiah dibantu dua dokter di kapal yakni dokter Yohanes dan dokter Sucahyo.

Sebelumnya, bayi laki-laki Mohammad Safaruddin Labobar lahir dari rahim Nurdiana Binti Dirus Budimas (31 tahun), TKI penata laksana rumah tangga (PLRT) asal Hulu Sungai Tengah, Tapin Rantau, Kalimantan Selatan, di kapal Labobar pada Minggu (24/4) sekitar pukul 09.30 waktu setempat saat kapal yang dinakhodai Kapten Bambang Edi Susilo Purwo berada di perairan Teluk Eden, Yaman.

Imam menginformasikan suami Nurdiana, Mohammad Hasan masih bekerja di Mekkah sebagai sopir.

Nurdiana merupakan TKI yang diberangkatkan oleh PT Abida Duta Utama pada 2009, dan ia mengalamai masalah yakni gajinya tidak dibayar majikan selama empat bulan kerja dari delapan bulan masa kerja.

Nurdiana bekerja di keluarga Muhammad Abdul Khalik di Kota Jeddah.

Sedangkan bayi perempuan bernama Annisa Mega Nur Labobarina lahir dari rahim Maryam Binti Zuheri Karna (35), TKI PLRT asal Jalan Yos Sudarso No 21, Koja, Jakarta Utara, di kapal Labobar pada Selasa (26/4) sekitar pukul 10.45 waktu setempat saat kapal memasuki lautan bebas Samudera Hindia.

Maryam merupakan TKI PLRT yang ditempatkan pada 2006 oleh PT Asmi Ananda Mandiri di kota Abha, sekitar 700 km dari Jeddah pada keluarga majikan Hasan Gajih Al-Syeikh.

Suami Maryam, Asep Syaifuddin, adalah TKI yang bekerja sebagai sopir di Kota Jeddah dan tidak ikut pulang bersama rombongan KM Labobar karena masih meneruskan kontraknya.

Maryam sudah bekerja empat tahun dengan perpanjangan kontrak sehingga masa kerjanya telah habis dan mengalami merupakan `overstayer` karena melanggar batas izin tinggal di Arab Saudi.

Kapal Labobar buatan Jerman tahun 2004 itu akan diberangkatkan lagi dari Pelabuhan Padang pada Senin malam dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta pada Selasa (3/5) sore atau Rabu (4/5) pagi.
(B009/C004)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011