Hujan diprakirakan turun di sebagian besar provinsi

Hujan diprakirakan turun di sebagian besar provinsi

Ilustrasi - Awan hitam meliputi langit di atas Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (30/9/2021). ANTARA FOTO/RAHMAD.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan pada Minggu hujan akan turun di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia dan menyampaikan bahwa sejumlah provinsi harus mewaspadai kemungkinan terjadi banjir.

Menurut prakiraan cuaca BMKG, hujan berpotensi turun di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku juga diprakirakan menghadapi hujan.

Di DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu pada siang dan malam hari. Hujan ringan juga berpotensi turun pada malam hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, yang pada siang hari diprakirakan menghadapi hujan disertai petir.

BMKG menyampaikan peringatan bahwa wilayah Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan masuk dalam kategori siaga banjir.

Di samping itu, menurut BMKG, ada sejumlah provinsi yang masuk dalam kategori waspada banjir seperti Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Beltiung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua juga masuk dalam kategori waspada banjir.

Baca juga:
Jalan trans Kalimantan terendam banjir
BPBD catat 57 titik banjir di Jawa Barat
Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021