Muhammadiyah sampaikan duka mendalam musibah erupsi Gunung Semeru

Muhammadiyah sampaikan duka mendalam musibah erupsi Gunung Semeru

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. ANTARA/HO-PP Muhammadiyah/aa.

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan duka mendalam atas korban dan warga yang meninggal akibat letusan Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur.

"Semoga yang meninggal ditempatkan sebagai syahid dan diterima di sisi Allah. Sementara korban luka atau lainnya dapat tertangani dengan baik. Kepada para pengungsi agar sabar dan memperoleh pelayanan yang baik," kata Haedar Nashir melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu malam.

Haedar juga berpesan kepada segenap komponen Muhammadiyah khususnya Lembaga Penanggulangan Bencana atau MDMC sebagaimana peran yang selama ini dijalankan diharapkan dapat meringankan masyarakat yang tertimpa musibah Semeru.

Baca juga: Sebagian korban guguran awan panas Semeru alami luka bakar

"Kami berharap pemerintah pusat, provinsi, dan daerah setempat dengan sigap dapat melakukan langkah-langkah mitigasi yang seksama. Kepada semua warga di Lumajang dan sekitar Semeru agar tetap waspada dan saling menggalang kebersamaan," ujar Haedar.

Haedar juga berpesan agar seluruh komponen bangsa semakin memperkuat solidaritas dan saling membantu. Para elite dituntut keprihatinannya dan sikap empati atas banyak musibah di negeri ini.

"Semoga bangsa Indonesia dilindungi Allah dalam menjalani kehidupan yang tidak ringan saat ini, sehingga dapat mengatasi pandemi, musibah, dan masalah yang dihadapi," tutur Haedar.

Baca juga: Putusnya Jembatan Perak Lumajang hambat pemulihan pasokan listrik
Baca juga: Airnav: Letusan Gunung Semeru tak berdampak terhadap penerbangan

 
Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021