Ketua DPD dorong percepatan adaptasi teknologi digital

Ketua DPD dorong percepatan adaptasi teknologi digital

Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam kunjungan kerjanya di Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/12/2021). (ANTARA/HO/DPD)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah pusat mempercepat adaptasi teknologi digital di segala lini guna mendorong kemajuan bangsa, sekaligus meningkatkan manfaat digital bagi kehidupan masyarakat.

"Teknologi bukan hanya penopang bagi industri, tetapi juga menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Semakin maju sebuah bangsa, semakin pesat kemajuan teknologinya. Begitu juga sebaliknya," kata LaNyalla di sela-sela kunjungan kerjanya di Bogor, Kamis.

Ia turut menilai teknologi juga mampu memperkecil sekat-sekat yang terjadi di tengah masyarakat. LaNyalla juga mempercayai bahwa teknologi bisa mengubah karakter hingga perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik di masa depan.

"Jarak semakin dekat dan percepatan arus informasi merubah kondisi sosial kita. Teknologi juga mampu melakukan pergeseran nilai-nilai yang selama ini ada di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Selain dipercepat dalam sisi penerapan, LaNyalla juga berharap kemampuan masyarakat harus bisa diasah secara maksimal sehingga teknologi digital yang ada dapat diberdayakan dengan maksimal.

Tentunya dengan demikian tidak hanya mengubah karakter dan mendewasakan pribadi masyarakat, pengasahan kemampuan digital masyarakat juga mampu mengembangkan kondisi ekonomi dan sosial dengan lebih baik.

"Informasi yang serba cepat dan tidak terbendung berdampak pada percepatan perubahan paradigma dalam kehidupan sosial masyarakat. Jadi, setiap orang dituntut untuk melakukan adaptasi dengan arus digital," katanya.

Tak hanya mendorong pemerintah untuk mempercepat penerapan teknologi digital, ia mendorong setiap warga negara di Indonesia untuk bisa aktif berpartisipasi menyukseskan digitalisasi Indonesia.

Hal itu sejalan dengan prinsip kolaborasi yang ditekankan di Pemerintah era Digital sehingga dampak positif yang dicapai semakin maksimal dan terasa nyata di masyarakat.

“Ini akan semakin mempercepat negara kita menuju negara maju. Melihat potensi dan infrastruktur yang ada, saya optimis Indonesia menuju negara maju adalah sebuah keniscayaan," katanya.

Baca juga: Ketua DPD: SDM pertanian jadi PR besar pemerintah

Baca juga: La Nyalla tegaskan desa harus jadi kekuatan ekonomi

Baca juga: LaNyalla sambut positif transformasi digital integrasi bansos nontunai
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021