ini merupakan 'pilot project'
Bogor (ANTARA) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan merealisasikan kebijakan subsidi layanan angkutan umum massal dalam skema "buy the service" (BTS) yakni BisKita TransPakuan di Kota Bogor.

"Oeprasional Biskita TransPakuan di Kota Bogor ini merupakan 'pilot project' dari kebijakan subsidi angkutan umum massal di wilayah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dalam skema BTS," kata Kabag Humas BPTJ, Budi Rahardjo, melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Kamis.

BPTJ bermitra dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan sebanyak 49 unit BisKita TransPakuan secara bertahap, mulai 2 November hingga akhir Desember 2021.

BisKita TransPakuan yang dioperasikan sebagai layanan angkutan umum massal bersubsidi dalam skema BTS, dioperasikan dalam tahap uji coba sebanyak 10 bus pada koridor lima, Stasiun Bogor-Ciparigi, mulai Selasa, 2 November lalu.

Selama tiga pekan uji coba, ternyata mendapat respons positif dari masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya.

Data BPTJ menunjukkan, selama tiga pekan uji coba tercatat sekitar 50.00 orang menggunakan BisKita TransPakuan, dengan rata-rata 2.140 orang per hari.

Artinya, tren peningkatan jumlah penumpang BisKita TransPakuan di Kota Bogor terjadi setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

Jumlah penumpang tertinggi BisKita TransPakuan pada Minggu, 21 November yakni mencapai 3.415 orang.

Oleh karena itu, BPTJ menambah operasional BisKita TransPakuan secara bertahap hingga mencapai 49 unit bus pada akhir 2021.

BPTJ bersama Pemerintah Kota Bogor, telah mengoperasikan lagi 10 unit BisKita TransPakuan pada koridor enam, Parung Banteng-Air Mancur, mulai Minggu, 28 November 2021.

Baca juga: Tarif BisKita TransPakuan diberlakukan awal 2022

Baca juga: BPTJ perkirakan tarif TransPakuan lebih rendah dari TransJakarta

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021