Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendorong minat masyarakat untuk berbelanja produk lokal melalui Festival Diskon Nasional (FDN) 2021 yang mempromosikan berbagai produk lokal ternama serta hasil kreasi Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) di DKI Jakarta.

"Kegiatan FDN 2021 dilaksanakan selaras dengan Misi #BanggaBuatanIndonesia yang merupakan gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM dengan memaksimalkan penjualan produk-produk lokal yang dilakukan dengan kegiatan kurasi dan digitalisasi UMKM, mengutamakan produk UMKM dalam pengadaan yang dilaksanakan oleh pemerintah, serta mendorong rasa cinta produk lokal oleh masyarakat yang diharapkan mampu mendorong percepatan kebangkitan ekonomi," kata Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto yang juga berperan sebagai koordinator FDN 2021 dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

FDN 2021 mengusung tema “Jakarta Punya Diskon” dan diselenggarakan mulai 1 - 31 Desember 2021 secara hybrid.

Loto Srinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN mengatakan, festival tersebut akan menjadi salah satu ajang promosi terbesar yang dilaksanakan di berbagai merchant baik konvensional maupun daring serta menitikberatkan pada titik ikonik DKI Jakarta yang menjadi titik pusat sentral.

"Kkolaborasi, kegembiraan, bisnis lokal dan pembeli bersatu untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat," ujar Loto.

FDN 2021, sebagai rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diusung Pemerintah, merupakan program penutup akhir tahun pada rangkaian kegiatan BBI yang dijalankan oleh Kementerian BUMN selaku Campaign Manager Gernas BBI dan merupakan hasil sinergi berbagai kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Kementerian BUMN dalam kesempatan ini berkolaborasi dengan Bank Mandiri dalam pelaksanaan kegiatan FDN kali ini yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk membawa ekonomi Indonesia dapat keluar dari tekanan pandemi Covid-19.

FDN 2021 berkolaborasi dengan idEA (Indonesia E-Commerce Association) melalui penyelenggaraan “Hari Belanja Online Nasional” (Harbolnas) pada 11-12 Desember 2021. Tak terbatas pada produk yang dijual secara daring, Festival Diskon Nasional 2021 juga menggandeng HIPPINDO (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) dengan mensinergikan program “Hari Belanja Diskon Indonesia” (HBDI) khususnya pada Anggota HIPPINDO yang berada di DKI Jakarta.

FDN 2021 turut didukung oleh berbagai mitra kolaborasi yakni Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemenparekraf, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dekranas, iDEA, Sarinah, Munik, Hippindo, Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Bank Mandiri.

FDN 2021 mengikutsertakan 12 BUMN, lebih dari 50 e-Commerce, lebih dari 1,000 pengusaha lokal, lebih dari 50 ribu UMKM, dan empat penyelenggara uang elektronik. Dalam seluruh rangkaian program FDN 2021, masyarakat akan menikmati berbagai program dan penawaran menarik baik dalam bentuk program diskon khusus maupun cashback yang akan dikemas secara daring dalam bentuk flash sale, live shopping, virtual expo dan webinar serta offline dalam bentuk FDN Market, Pop Up Store, serta in store promotion tentunya dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Untuk mengetahui rangkaian kegiatan FDN 2021, masyarakat dapat mengakses website www.festivaldiskonnasional.com dimana akan menyajikan pengalaman yang unik dalam menjelajah kota DKI Jakarta secara virtual, berinteraksi menggunakan avatar yang dapat dikustomisasikan, mengunjungi landmark isometrik DKI Jakarta, serta mengikuti aneka permainan serta kegiatan virtual yang telah dipersiapkan seperti workshop, live shopping, hingga kunjungan kepada virtual booth UMKM yang akan menyajikan produk UMKM kebanggaan DKI Jakarta.

Baca juga: Mandiri dukung wirausaha muda berkontribusi aktif untuk perekonomian

Baca juga: Bank Mandiri salurkan KUR Rp31,75 triliun per Oktober 2021

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021