Lubuk Basung (ANTARA) - PSSI Sumatera Barat terpaksa menunda pelaksanaan partai semifinal Liga 3 2021 antara Gasliko menghadapi Batang Anai di Stadion Bukik Bunian Kabupaten Agam akibat lapangan tergenang banjir di Lubuk Basung, Selasa.

Ketua Panitia Liga 3 Asprov PSSI Sumbar Yulius Dede di Lubuk Basung, Selasa mengatakan pertandingan akan digelar Selasa (30/11) sore antara Gasliko menghadapi Batang Anai, keduanya sudah siap bertanding namun lapangan tergenang air.

Ia mengatakan hujan deras terjadi pukul 14.00 WIB  dan jadwal pertandingan akan dimulai pukul 15.00 WIB namun lapangan tergenang air hujan.

“Sesuai regulasi yang ada 15 menit kita tunggu. Kita tunggu lagi 15 menit kedua. Ternyata air tidak surut. Makanya dikembalikan kepada operator atau panitia Asprov PSSI Sumatera Barat. Ini force majeur, " kata dia

Baca juga: Gasliko lolos ke semifinal Liga 3 usai tundukkan PSBS Batusangkar 2-0

Ia mengatakan jadwal kapan Batang Anai vs Gasliko digelar kembali akan ditentukan kemudian hari.

"Kita lihat lapangan benar-benar tidak bisa dipakai. Tidak layak dipakai seperti ini," kata dia.

Menurut dia dengan kondisi curah hujan yang tinggi pada Desember ini, ada kemungkinan pemindahan arena pertandingan.

"Kalau besok, (laga PSP vs PSKB) lapangan masih tidak memungkinkan bisa-bisa kita alihkan karena kalau kita menunggu-nunggu seperti ini, tertunda kompetisi. Kita ingin pertandingan 4 tim ini fair play semuanya, tidak ada diuntungkan dan tidak ada dirugikan. Bagaimana yang baik kita laksanakan seperti ini," ulasnya.

Sementara pelatih Batang Anai FC Aminuddin meminta panitia Asprov menggelar di tempat lain karena kalau hujan lagi akan membuat pertandingan kembali tertunda.

Baca juga: PSSI Sumbar tetapkan Agam lokasi semifinal dan final Liga 3 Sumbar

"Supaya nanti jangan terulang kedua kali. Nanti hujan lagi sore, lapangan tergenang lagi. Kalau bisa lihat lapangan stadion yang memenuhi kriteria. Masa hujan baru 10 menit, sudah banjir dan tidak bisa dilanjutkan,” kata dia.

Pelatih Gasliko Hudra menyayangkan ketidaklayakan lapangan Stadion Bukik Bunian dalam menggelar pertandingan penting, semi final.

"Terlalu berat rasanya. Kami sudah siapkan hari ini tahu-tahu diundur, yang waktunya belum jelas. Kesiapan pemain jadi hilang. Jadi kami menata lagi persiapan untuk semifinal ini. Kami Gasliko siap dimana saja tempat bertanding asal tempat netral" katanya.

Untuk laga semi final besok, Rabu (1/12) Panpel menetapkan sesuai jadwal semula tetapi dengan catatan tidak turun hujan yang akan menyebabkan lapangan tergenang kembali.***3***

Baca juga: PSSI Sumbar tunjuk Batang Anai dan PSP tuan rumah Babak 8 Besar Liga 3

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021