Jakarta (ANTARA) -
​​​​​Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa meminta seluruh anggota Fraksi DPRD PPP di semua tingkatan untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran di daerah.
 
Suharso Monoarfa dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin, mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya mengawal suksesnya pemerintahan saat ini.
 
"Kita adalah bagian dari koalisi pemerintah, maka kita berharap pada pemerintah untuk sukses sampai akhir periode seperti yang diamanatkan. Utamanya adalah dengan mendorong percepatan penyerapan anggaran," tuturnya.
 
Menurut catatan Suharso baru ada 7 provinsi yang penyerapan anggarannya di atas 80 persen dan baru ada 6 provinsi yang penyerapan anggarannya sebesar 70-80 persen. Sementara kata dia 2021 hanya tinggal satu bulan lagi.
 
Suharso mengatakan percepatan penyerapan anggaran akan mendorong pertumbuhan ekonomi, sebaliknya penyerapan anggaran yang terhambat tentu menyebabkan pembangunan tidak bergerak.

Baca juga: Fraksi PPP DPR: Tuntutan pembubaran MUI berlebihan

Baca juga: PPP: Amanah presidensi di G20 bukti Indonesia dipercaya internasional
 
"Kita tau, saat ini terjadi refocusing-refocusing anggaran di pemerintahan, tetapi itu tidak menjadi alasan dalam percepatan penyerapan anggaran," ucapnya.
 
Suharso juga meminta agar Fraksi PPP di semua tingkatan agar menegur pemerintah daerah untuk segera memutuskan penggunaan dan penyerapan anggaran.
 
"Mendorong para bupati, wali kota untuk cepat-cepat memutuskan itu. Kemudian anggota Fraksi PPP juga harus hadir dan mengawal hingga pelaksanaan pembangunan sehingga fungsi legislatif anggota DPRD PPP benar-benar dirasakan masyarakat," ujarnya.
 
Sementara itu, PPP menggelar Workshop Anggota DPRD seluruh Indonesia pada 28-30 November. Pada workshop katanya semua anggota DPRD mendapatkan sejumlah materi di antara tentang sinergi BUMD dan BUMN, serta kebijakan dana transfer pusat ke daerah dan materi lainnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021