Beijing (ANTARA) - Pendiri Evergrande Group Xu Jiayin alias Hui Ka Yan menjual sejumlah asetnya, termasuk sembilan persen saham perusahaan real estate ternama di China itu, untuk memenuhi kewajibannya membayar utang.

Media China yang dipantau ANTARA di Beijing, Minggu, melaporkan nilai aset yang dijual Xu mencapai 2,68 miliar dolar HK atau sekitar Rp4,9 triliun.

Xu menjual 1,2 miliar lembar saham Evergrande dengan harga rata-rata 2,23 dolar HK per lembar, menurut data Bursa Saham Hong Kong (HKEX), Kamis (25/11).

Pada perdagangan Jumat (26/11), saham Evergrande ditutup pada harga 2,5 dolar HK.

Penjualan aset dan saham bernilai total 2,68 miliar dolar HK itu menurunkan kepemilikan saham Xu di perusahaan yang berkantor pusat di Shenzhen, Provinsi Guangdong, itu dari 77 persen menjadi 67,9 persen.

Baca juga: Saham China ditutup beragam, Evergrande siapkan dana bunga obligasi
Baca juga: Saham Korsel berakhir jatuh untuk hari kedua tertekan kasus Evergrande


Lahan Evergrande untuk pembangunan stadion di Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, telah direklamasi oleh pemerintah daerah setempat untuk dilelang, sebagaimana laporan People's Daily.

Stadion sepak bola Evergrande itu semula dirancang untuk menjadi salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia. Luasnya melebihi Stadion Camp Nou FC milik Barcelona di Spanyol.

Evergrande sedang berjuang memenuhi kewajiban-kewajibannya membayar utang senilai 300 miliar dolar AS.

Perusahaan itu gagal membayar surat utang senilai 82,5 juta dolar AS (Rp1,2 triliun) yang jatuh tempo pada 6 November lalu sehingga membuat para investor ragu apakah perusahaan dapat memenuhi kewajibannya sebelum masa tenggang 30 hari berakhir pada 6 Desember mendatang.

Awal bulan ini, Xu dilaporkan telah mengumpulkan uang tunai lebih dari 7 miliar yuan (Rp15,7 triliun) melalui penjualan aset-aset pribadinya.

Uang tersebut akan digunakan untuk membayar gaji bulanan karyawan, bunga obligasi, dan memulai kembali proyek perumahan di kota-kota besar di China.

Baca juga: Hong Kong suspen saham China Evergrande dan unit jasa propertinya
Baca juga: Pembayaran kupon Evergrande jatuh tempo, investor hadapi gejolak pasar

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021