Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach tersungkur di kandang FC Cologne dengan kalah 1-4 dari tuan rumah dalam laga pekan ke-13 Liga Jerman di Stadion RheinEnergie, Sabtu, saat dalam pertandingan lain TSG Hoffenheim memukul tim promosi Greuther Fuerth 6-3.

Setelah babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol di RheinEnergie, Cologne membuka keunggulan atas Gladbach melalui tembakan kaki kanan Dejan Ljubicic pada menit ke-55.

Upaya Gladbach mencetak gol balasan baru berbuah pada menit ke-74 saat Jonas Homann menyelesaikan umpan Patrick Herrmann, tapi kedudukan imbang tak bertahan lama.

Pada menit ke-77, Mark Uth terlebih dulu merestorasi keunggulan Cologne dengan tembakan jarak jauh yang disusul gol Ondrej Duda tak sampai semenit kemudian membuat kedudukan menjadi 3-1 atas Gladbach.

Tuan rumah lantas melengkapi kemenangan menjadi 4-1 saat Sebastian Andersson menanduk umpan silang Louis Schaub pada menit ketiga injury time.

Hasil itu membuat kedua tim bertukar tempat dalam klasemen. Sama-sama mengoleksi 18 poin Cologne menduduki urutan kesepuluh persis di atas Gladbach berbekal keunggulan produktivitas gol, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Haaland kembali, Dortmund hantam Wolfsburg 3-1

Dalam pertandingan lain di Sportpark Ronhof, Hoffenheim memperburuk catatan awal musim Fuerth yang masih belum pernah menang sejak promosi ke divisi utama.

Sempat memimpin lebih dulu lewat Jamie Leweling, Fuerth menutup babak pertama dalam keadaan tertinggal 1-2 lantaran gol-gol balasan Ihlas Bebou dan Georginio Rutter bagi Hoffenheim.

Timothy Tillman menghidupkan asa Fuerth lewat golnya pada menit pertama babak kedua, tetapi Rutter dan Bebou kembali menjebol gawang tuan rumah untuk merestorasi keunggulan Hoffenheim.

Keunggulan Hoffenheim bertambah lagi menjadi 5-2 saat mereka memaksa Marco Meyerhoefer mencetak gol bunuh diri menyusul sepak pojok pada menit ke-67, tapi Fuerth kembali membalas melalui Branimir Hrgota satu menit kemudian.

Sayang, tak ada lakon kebangkitan bagi Fuerth karena Bebou melengkapi hattrick pada menit ke-80 guna mengunci kemenangan 6-3 untuk Hoffenheim.

Hoffenheim merangsek ke urutan kelima dengan 20 poin, sementara Fuerth yang cuma mempunyai satu poin kian terpaku di dasar klasemen.

Baca juga: Pelatih Bremen positif COVID-19 di tengah skandal sertifikat vaksin

Hasil lebih baik diperoleh tim promosi lainnya, VfL Bochum, yang menang 2-1 saat menjamu SC Freiburg di Vonovia Ruhrstadion.

Tertinggal lebih dulu akibat gol Philipp Lienhart pada menit ke-51, Bochum membalas tiga menit kemudian melalui sepakan kaki kanan Sebastian Polter.

Sebuah tendangan spekulasi jarak jauh Milos Pantovic dari dekat lingkaran tengah lapangan pada menit ke-82 berbuah gol penentu kemenangan Bochum atas Freiburg.

Bochum kini menduduki posisi ke-12 dengan 16 poin, sementara Freiburg yang menelan tiga kekalahan beruntun tertahan pada urutan ketiga dengan 22 poin.

Sementara itu di Olympiastadion, tuan rumah Hertha Berlin terpaksa berbagi poin dengan FC Augsburg setelah ditahan imbang 1-1 oleh tamunya.

Memimpin sejak menit ke-40 berkat gol Marco Richter, Hertha harus merelakan dua poin tergelincir dari genggaman akibat gol penyama kedudukan yang dicetak Michael Gregoritsch pada menit ketujuh injury time.

Hertha tertahan pada urutan ke-14 dengan 14 poin, sedangkan Augsburg melorot ke posisi ke-16 dengan 13 poin.

Baca juga: Frankfurt pecundangi Freiburg, Cologne tahan imbang Mainz

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021