Tour de Sabang kategori MTB didorong masuk kalender UCI Gran Fondo

Tour de Sabang kategori MTB didorong masuk kalender UCI Gran Fondo

Pembalap kategori montain bike (MTB) saat menanjaki lintasan pada event tour de Sabang, di Sabang, Jumat (26/11/2021) ANTARA/HO.

Banda Aceh (ANTARA) - Tour de Sabang untuk kategori sepeda gunung atau mountain bike (MTB) segera didorong masuk dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) Gran Fondo atau ajang internasional.

"Mudah-mudahan untuk tour de Sabang kategori MTB ini akan kita dorong masuk dalam UCI Gran Fondo," kata Pemimpin Perlombaan Tour de Sabang kategori MTB Beben Subeni, di Kota Sabang, Sabtu.

Menurut Beben, MTB di Sabang ini dapat dimasukkan ke UCI Gran Fondo karena alam di kota paling barat Indonesia tersebut sangat menantang dan titik pegunungannya juga banyak.

Baca juga: Pemerintah: Semua peserta Tour de Sabang wajib vaksinasi COVID-19

"Karena kita lihat Sabang ini memang cukup menjual, tempat untuk MTB itu banyak sekali di sini, saya rasa benar-benar harus dijadikan nomor event," ujarnya.

Apalagi, lanjut Beben, kategori MTB tersebut juga masuk dalam berbagai perlombaan resmi seperti pekan olahraga daerah (porda) hingga pekan olahraga nasional (PON).

"Karena itu kita harapkan kategori MTB ini layak kita masukkan dalam ke UCI Gran Fondo," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Beben juga menjelaskan pada event Tour de Sabang ini juga telah dilaksanakan MTB dengan 55 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Aceh.

Baca juga: Dispora Aceh nyatakan ajang "Tour de Sabang" digelar secara gratis

Sementara itu, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh Darwati A Gani mengatakan mengakui bahwa saat ini pihaknya masih dalam tahapan belajar, dan ke depannya event tersebut dapat dimaksimalkan dengan mengikutsertakan pesepeda luar negeri.

Karena itu, saat ini pihaknya juga sedang mempelajari bagaimana ketentuan pelaksanaan berskala internasional, serta mempelajari peraturan UCI Gran Fondo.

"Harapan kami dari ISSI Aceh adalah ingin menghadirkan event olahraga bertaraf internasional, dan belajar mengikuti aturan yang ditetapkan UCI Gran Fondo," kata Darwati.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh sedang melaksanakan event tour de Sabang 2021, kegiatan berskala nasional tersebut diselenggarakan pada 26-28 November 2021, di Kota Sabang.

Pada event tour de Sabang ini dilaksanakan dua kategori yakni untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) serta khusus untuk sepeda balap (road bike), hingga ke titik 0 kilometer Indonesia.

Baca juga: Event tour de Sabang jadi persiapan atlet sepeda Aceh menuju PON 2024
Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021