Xiamen, China--(ANTARA/Business Wire)- Ekonomi kelautan Xiamen diharapkan akan merangkul pembangunan berkualitas tinggi selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-25) karena baru-baru ini kota tersebut telah mendapat jaminan status kota terkemuka dalam mengembangkan sektor kelautan di provinsi Fujian, China Timur.

Pemerintah kota mengeluarkan dua rencana pembangunan, yang mencatat bahwa upaya harus dilakukan untuk meningkatkan perannya dalam memperkuat ekonomi kelautan provinsi tersebut.

Menurut rencana, Xiamen akan mendirikan klaster industri kelautan strategis dengan mempromosikan komersialisasi pencapaian ilmiah dan teknologi.

Berbagai upaya akan dilakukan untuk mempercepat pembangunan zona demonstrasi nasional untuk ekonomi kelautan. Industri biologi kelautan juga akan dibudidayakan, dan membangun basis pasokan global untuk produk kelautan.

Xiamen akan mendorong penggerak baru pertumbuhan ekonomi kelautan, seperti membangun dirinya menjadi Pusat Pengiriman Internasional Tenggara dan meningkatkan efisiensi sistem transportasi pengiriman laut.

Rencana ini mencatat bahwa pada 2023, Xiamen akan mendirikan sistem industri kelautan modern yang didukung oleh industri kelautan yang sedang berkembang, perikanan modern, logistik pelabuhan, dan pariwisata pesisir kelas atas.

Pemerintah daerah juga telah menggiatkan upaya peningkatan kemampuan penelitian dasar, dan membangun sekelompok lembaga penelitian ilmiah kelautan. Berbagai tindakan pendukung telah diluncurkan untuk lebih merangsang vitalitas inovasi ilmiah dan teknologi.

Kawasan industri berteknologi tinggi untuk industri kelautan diharapkan akan dibangun di Xiamen, yang akan mendorong perkembangan industri kelautan kelas atas.

Didukung oleh kecakapan ilmiah dan teknologi yang kuat, nilai output industri kelautan Xiamen akan mencapai 300 miliar yuan pada tahun 2025, yang diperkirakan mencakup 30 persen dari total PDB kota tersebut.

Sebagai kota pelabuhan utama Jalur Sutra Maritim Abad ke-21, Xiamen akan meningkatkan upaya untuk menarik perusahaan kelautan berkelas dunia dan teknologi inti, dengan mendorong perusahaan Xiamen untuk berekspansi ke manca negara, serta memperdalam keterbukaan dan kerja sama dalam ekonomi kelautan.

Kota ini akan berkembang menjadi pelabuhan berkelas dunia, kota wisata pesisir internasional, pusat pertukaran budaya laut untuk negara dan wilayah yang terlibat dalam Inisiatif Sabuk dan Jalan, serta model global untuk tata kelola ekologi laut.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20211126005477/en/

Kontak
Lorraine Yuan
13911130781

Sumber: Pemerintah Rakyat Kota Xiamen

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021