mendukung perjuangan rakyat Palestina
Jakarta (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat, pimpinan MUI daerah, hingga organisasi keagamaan Islam se-Indonesia untuk memeriahkan Pekan Solidaritas Palestina yang berlangsung pada 23 hingga 29 November.

"Kegiatan ini demi mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaanya," ujar Ketua Komisi Luar Negeri MUI Bunyan Saptomo dalam diskusi yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Kegiatan Pekan Solidaritas Palestina ini, kata dia, merujuk pada resolusi PBB No.32/40B yang diperingati setiap 29 November.

Resolusi tersebut memuat dua hal yakni menugaskan Sekjen PBB membentuk unit khusus yang melakukan studi dan penyebaran informasi mengenai hak-hak Palestina, serta menyelenggarakan solidaritas untuk Palestina setiap 29 November.

"Kedua, menyerukan kepada semua negara dan organisasi di seluruh dunia untuk melaksanakan acara yang diamanatkan resolusi ini," kata dia.

Baca juga: Musi Banyuasin kumpulkan donasi COVID-19 dan Palestina Rp1,2 miliar
Baca juga: KNRP Aceh sumbang Rp1,7 miliar untuk bantu Palestina

Bunyan menjelaskan Pekan Solidaritas Palestina ini dapat diisi diskusi oleh sejumlah kegiatan seperti diskusi, ceramah yang diadakan di masjid, universitas, TV, radio, dan saluran media lainnya.

MUI Pusat mengawali kegiatan lewat diskusi tentang dunia Islam termasuk Palestina secara daring dan luring pada 25 November 2021 lewat siaran Youtube.

Pada kegiatan puncak 29 November 2021, akan dilakukan penandatanganan secara virtual MoU kerja sama pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) antara MUI dengan Wali Kota Hebron, Palestina.

"Selain itu, (akan ada) wawancara oleh media MUI dengan Ketum MUI dan sejumlah tokoh ormas Islam serta pimpinan lembaga amal terkait dengan hari solidaritas untuk rakyat Palestina dan fundraising RSIH," kata dia.

MUI dan Wali Kota Hebron telah sepakat untuk kerja sama membangun RSIH dengan biaya Rp87 miliar. Hingga saat ini dana terkumpul sudah mencapai Rp24.754.103.225. Angka itu masih jauh dari target yang ditetapkan.

Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk saling rembug berdonasi pembangunan RSIH yang bisa dikumpulkan melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomer rekening 8425314000 a/n Majelis Ulama Indonesia.

Baca juga: Puluhan ormas di Sumbar gelar aksi solidaritas Palestina

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021