Dua pesohor internet China didenda jutaan yuan

Dua pesohor internet China didenda jutaan yuan

Ilustrasi - Xiaoran, pesohor medsos China yang memiiki 130.000 follower di Sina Weibo. ANTARA/HO.

Beijing (ANTARA) - Dua pesohor internet di China dijatuhi hukuman denda hingga jutaan yuan atas dugaan menghindari pembayaran pajak.

Otoritas pajak di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Senin (22/11), mengumumkan dua nama pesohor internet yang berperan sebagai presenter, yakni Zhu Chenhui dan Lin Shanshan, sebagai pelaku pelanggaran pajak.

Keduanya mangkir dari kewajibannya membayar pajak penghasilan selama periode 2019-2020, demikian otoritas pajak Hangzhou dikutip laman berita GICExpat, Selasa.

Zhu diwajibkan membayar denda sebesar 65,5 juta yuan atau sekitar Rp146,4 miliar, sedangkan Lin didenda 27,6 juta yuan (Rp61,6 miliar).

Otoritas pajak mengatakan kedua perempuan tersebut selanjutnya akan di-"endors" untuk menyosialisasikan kesadaran membayar pajak di kalangan pekerja seni dan hiburan.

Dalam beberapa bulan terakhir, otoritas pajak China gencar melakukan invstigasi terhadap pelaku industri hiburan di jagat media sosial.

Menurut otoritas pajak setempat hal itu dilakukan untuk menjamin iklim persaingan di dunia seni dan hiburan di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu secara fair dan sehat.

Beberapa tahun sebelumnya, aktris kondang China Fan Bingbing tersangkut skandal pajak sehingga sempat menghilang dari permukaan selama beberapa bulan. 

Baca juga: Nama aktris miliarder China Zhao Wei hilang dari peredaran
Baca juga: Zheng Shuang didenda Rp660 miliar karena penghindaran pajak
Baca juga: China potong pajak Rp3.900 triliun sejak pandemi
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021