Sedang dalam proses screening sekaligus penataan
Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 40 kampung di Kota Surabaya, Jawa Timur, ditunjuk untuk mengikuti program Kampung Zero Waste (KZW) atau kampung nol sampah yang akan mulai dilaksanakan pada 2022.

"40 kampung yang ditunjuk itu saat ini sedang dalam proses screening sekaligus penataan," kata Wakil Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya Aning Rahmawati di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, tim trainer, tim pengawas dan evaluasi untuk program KZW tersebut saat ini sedang dibentuk. Sedangkan, untuk roadmap pelaksanaan program KZW sampai dengan tahun 2026 sudah siap.

Aning mengatakan, pada 2022 di setiap kelurahan akan ditunjuk satu RW yang nantinya bisa nol sampah. Pada tahun tahun berikutnya, lanjut dia, RW yang sudah nol sampah ini akan menjadi tim trainer untuk melatih seluruh RW sampai dengan 2026 sampai satu kelurahan nol sampah.

Baca juga: DPRD: Perkuat penanganan COVID-19 di Surabaya mulai dari hulu

Baca juga: Kampung bernilai sejarah di Surabaya dikembangkan jadi tempat wisata


"Sedang dihitung berapa pengurangan sampah per tahun yang ditargetkan pemerintah kota dari kampung zero waste ini sehingga selama 5 tahun sampah yang dikirim ke TPA (tempat pembuangan akhir) bisa berkurang signifikan," ujarnya.

Ia menjelaskan, antusias masyarakat cukup besar pada saat uji kasus program KZW di lapangan terhadap salah satu RW di Kecamatan Rungkut yang menerapkan nol sampah. Bahkan, lanjut dia, sampai warga membawa peraga sampah dari rumah demi belajar memilah sampah.

"Hampir seluruh RT yang datang belum memahami cara memilah sampah yang betul. Hal ini lah yang perlu dipahami pemkot saat penerapan program kampung zero waste. Edukasi masif untuk penyadaran masyarakat adalah hal yang utama," katanya.

Untuk itu, kata dia, sebagai inisiator yang mencetuskan program Kampung Zero Waste ini, pihaknya akan terus mengawal pelaksanaan program tersebut sampai tuntas sempurna di lapangan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menyatakan, siap mewujudkan kampung zero waste di Kota Pahlawan. Menurutnya, wilayah perkampungan di Surabaya kini diupayakan untuk menjadi zero waste atau nol sampah.

Eri menjelaskan, manajemen pengelolaan sampah tak hanya menjadi wewenang dari Pemkot Surabaya saja, melainkan semua masyarakat punya kewajiban yang sama. 

Baca juga: Pertagas kenalkan konsep "zero waste" warga kampung ikan asap Sidoarjo

Baca juga: 10 kampung di Surabaya raih penghargaan Proklim dari KLHK


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021