Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan menghadirkan "Serbuan Vaksin" yang ditujukan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat umum di di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sentra vaksinasi berlokasi di destinasi wisata religi Sa'pak Bayo Bayo yang berlangsung selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 November 2021 dengan target 1.000 vaksin.

"Di tengah pandemi kita terus berkolaborasi, bergandengan tangan dalam rangka serbuan vaksin di Kabupaten Tana Toraja. Ini untuk kebangkitan ekonomi, karena kalau baik ekonominya dengan terbukanya lapangan kerja, pariwisata mudah-mudahan bisa bergerak kembali," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat meninjau sentra vaksin sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (21/11).

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, TNI, POLRI, Antis, dan Homecare24.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, pencapaian vaksinasi per tanggal 19 November 2021 sudah mencapai mencapai 139.334 atau 62,3 persen untuk dosis tahap I dan 119.446 atau 53,4 persen untuk dosis tahap II.

Hingga saat ini, Kemenparekraf telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menekan penyebaran COVID-19. Hampir 700.000 masyarakat telah tervaksinasi melalui program kementerian tersebut yang tersebar di 82 lokasi di berbagai daerah.

"Saya mengajak para stakeholders (pemangku kepentingan) baik yang bergerak di sektor parekraf (pariwisata dan ekonomi kreaitf) maupun lainnya untuk dapat berkolaborasi dengan kami seperti yang telah kami lakukan hari ini untuk bisa melaksanakan kegiatan serupa, agar semua destinasi dan sektor-sektor yang terlibat di dalamnya lebih siap untuk kembali menerima wisatawan dan industri kembali berjalan, membuka lebar lapangan pekerjaan," ujar Sandiaga Uno.

Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung menyambut baik dukungan Kemenparekra dalam memperkuat percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Tana Toraja.

Ia menyatakan masyarakat sangat antusias melakukan vaksinasi karena pariwisata merupakan salah satu kekuatan dan solusi dalam kebangkitan ekonomi di Tana Toraja

"Kami berkomitmen menyiapkan destinasi yang beragam, termasuk desa wisata. Kami berharap dukungan program dan fasilitasi dari Kemenparekraf ke depannya," ungkapnya.

Baca juga: Kemenparekraf komitmen maksimalkan wisata kebugaran dalam negeri
Baca juga: PPKM Level 3 Nataru, Kemenparekraf tinjau ulang program pariwisata
Baca juga: Kemenparekraf: Desa wisata Mandalika dan sekitarnya jadi daya tarik

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021