Dalam Perda No. 4 Tahun 2016 itu ada dua yang harus diberdayakan, yaitu pemerintah desa dan masyarakatnya.
Barabai (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong pengembangan potensi ekonomi desa melalui badan usaha milik desa (BUMdes) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel Athaillah Hasbi, di Barabai, Sabtu, mengatakan sinergitas pemerintah dan masyarakat tersebut sebagaimana terdapat pada Perda Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Menurut dia, dalam Perda No. 4 Tahun 2016 itu ada dua yang harus diberdayakan, yaitu pemerintah desa dan masyarakatnya.

"Jadi ada dua hal yang terpisah dari amanat Perda No. 4 Tahun 2016 tersebut yang harus diberdayakan, sehingga desa lebih maju," ujar mantan pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM) tersebut.

Menurut dia, di desa terdapat banyak lembaga yang harus diberdayakan, seperti pendamping desa, badan permusyawaratan desa (BPD), dan lain lain.

Karena itu, kata dia, dalam menyusun perencanaan pembangunan dan tata kelola pemerintahan dan keuangan bisa lebih baik lagi.

Pada sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Kadundung, Kabupaten Hulu Sungai Tengah tersebut, juga hadir Muhammad Aini (aktivis sosial), Fahriansyah SPdI (pendidik) dengan moderator Taufik Rahman.

Pada kesempatan tersebut disampaikan Desa Kadundung memiliki potensi yang cukup besar, seperti potensi keripik singkong. Diharapkan potensi tersebut, penjualannya dilakukan melalui BUMDes.

"Kita berharap keripik singkong tersebut kualitasnya terus diperbaiki, terutama dalam hal kemasan. Sekarang penjualan keripik singkong masih manual dan pemasarannya pun juga dilakukan di pasar tradisional atau saat ada acara seperti pengantenan," katanya.

Dalam sosialisasi tersebut hadir Sekretaris Desa (Sekdes) Sukerani Ma'mun dan BPD serta aparat Pemerintahan Desa Kadundung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sekdes Sukerani Ma'mun menyambut baik kunjungan sosialisasi perda tersebut dan berharap dapat membuka pemahaman dan wawasan masyarakat, para kontestan pemilihan Pembakal (Pilbakal) Desa Kedundung.
Baca juga: Bank Kalsel gandeng BUMDes dorong pertumbuhan ekonomi pedesaan
Baca juga: BUMDes penggilingan padi Desa Awang-Kalsel dibangun dari dana desa

Pewarta: Ulul Maskuriah/Syamsuddin Hasan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021