Kita harus menjaga euforia masyarakat di level saat ini agar tetap terkontrol prokesnya.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengatakan euforia masyarakat di daerah dengan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menurun perlu dijaga.

Masyarakat dikhawatirkan akan lengah dalam menerapkan protokol kesehatan setelah level PPKM dan penyebaran COVID-19 di daerah mereka menurun, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kita harus menjaga euforia masyarakat di level saat ini agar tetap terkontrol prokesnya," kata Agus dalam webinar "Masukan Peta Jalan Pengendalian COVID-19" yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: LK2PK: Terapkan PPKM level 3 secara disiplin

Pengendalian COVID-19 saat Natal dan tahun baru pun menjadi penentu keberhasilan Indonesia dalam transisi menuju endemi. Menurutnya pemerintah harus memastikan kasus positif COVID-19 pada kedua perayaan tersebut tetap rendah.

Apalagi pada 2022, Indonesia akan melaksanakan Presidensi G20 di Bali. Sekitar 26 kegiatan bertaraf internasional akan diselenggarakan yang diharapkan tidak sampai terganggu oleh COVID-19.

"Presidensi G20 pada 2022 menjadi tantangan besar bagi kita, termasuk bagaimana di Nataru tidak terjadi lonjakan kasus dan sebagainya," imbuhnya.

Baca juga: DKI dukung pemberlakuan PPKM Level 3 periode libur Natal-Tahun Baru

Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada saat Natal dan tahun baru dan Presidensi G20 di Bali, pemerintah akan melakukan inovasi dengan penerapan ilmu yang tidak hanya datang dari sektor kesehatan. Menggunakan pola kebijakan di luar rutinitas pun menjadi kunci bagaimana mengeluarkan Indonesia dari pandemi serta menyelamatkan perekonomian nasional.

"Kita juga harus disiplin dalam menerapkan PPKM sesuai level. Dan ini membutuhkan proses edukasi dan komunikasi yang baik untuk masyarakat," ucapnya.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021