Tidak ada sektor yang kembali ditutup pada saat PPKM akhir tahun
Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan siap menaikkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke level 3 saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 yang berpotensi meningkatkan mobilitas masyarakat.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Bandung, Jawa Barat, Kamis mengatakan penurunan itu pun disesuaikan jika sudah ada arahan dari pemerintah pusat terkait pencegahan penyebaran COVID-19 saat akhir tahun. Menurutnya hal itu pun diperlukan guna mencegah adanya gelombang ketiga.

"Itu kebijakan pemerintah pusat karena memang ya sama kelihatan punya kekhawatiran peningkatan COVID-19, apalagi ada gelombang ketiga di negara lain," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Dengan menaikkan status PPKM, menurutnya konsekuensinya yakni sejumlah sektor publik bakal lebih diperketat, mulai dari pengurangan jam operasional dan pengurangan kapasitas pengunjung.

Baca juga: Menko PMK sebut PPKM level 3 berlaku merata saat Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Pengunjung mal dipekirakan meningkat pada Natal-Tahun Baru


"Kapasitas yang sudah bisa 50 persen nanti kembali jadi 25 persen, lalu jam operasional sampai jam 23.00 WIB balik lagi ke jam 21.00 WIB," katanya.

Namun kemungkinan, kata dia, pengetatan sektor publik itu hanya sebatas pengurangan jam operasional dan kapasitas. "Sehingga tidak ada sektor yang kembali ditutup pada saat PPKM akhir tahun tersebut."

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung Idris Kuswandi mengatakan pihaknya akan mengantisipasi adanya kerumunan saat akhir tahun 2021 tersebut.

Pasalnya, kata dia, momen akhir tahun yang kerap meningkatkan mobilitas masyarakat itu dinilai berpotensi menurunkan tingkat kedisiplinan masyarakat.

“Anggota pasti disiapkan, kita menyesuaikan,” kata Idris.

Baca juga: Luhut: Vaksinasi lansia dikebut jelang Natal-Tahun Baru

Baca juga: Menko PMK: Keberhasilan atasi pandemi kuncinya di level mikro

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021