Jakarta (ANTARA) - Organisasi Perburuhan Internasional/ILO menyelenggarakan Kompetisi Video Semenit (KOVID) untuk meningkatkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di era pandemi sebagai kunci produktivitas pekerja dan upaya meningkatkan ketahanan bisnis.

KOVID merupakan kompetisi membuat video berdurasi 60 detik yang dapat diikuti oleh seluruh warga Indonesia. Tema yang diusung adalah Menciptakan Tempat Kerja yang Aman dan Sehat selama Pandemi dengan fokus “Wujudkan Indonesia Berbudaya K3”.

“Kami juga berharap dengan promosi budaya K3 yang terpancang dan mengakar akan mendorong penerapan sistem K3 yang lebih baik di Indonesia dan perusahaan,” kata Manajer Proyek ILO untuk Meningkatkan Pencegahan COVID-19 di dan melalui Tempat Kerja Abdul Hakim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan bagi para pekerja di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020, 29 juta pekerja di negara ini terkena dampak seperti pemutusan hubungan kerja (PHK), pengurangan gaji yang signifikan serta berbagai dampak lainnya. Dari jumlah itu, 7 juta orang sangat sulit mendapatkan pekerjaan kembali. Selanjutnya, sepanjang 2021 dan paruh pertama 2022 diperkirakan dampak terhadap dunia kerja ini masih sangat tinggi.

Untuk itu, ILO menginisiasi KOVID yang diyakini menjadi cara menarik untuk mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi. Acara ini digelar ILO dengan dukungan Pemerintah Jepang dan bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI) dan mitra sosial lainnya.

“Bersama dengan ILO, kami ingin mendorong kesadaran dan penerapan pencegahan COVID-19 melalui proyek Kompetisi Video Semenit ini. Melalui pendekatan kreatif seperti ini, kami percaya akan semakin dapat memperkuat upaya mendorong produktivitas dan pembukaan kembali lapangan kerja di new normal berikutnya,” ujar Atase Ketenagakerjaan Kedutaan Besar Jepang Hiroki Sasaki.

KOVID mulai dibuka pada Senin, 15 November 2021. Para calon peserta memiliki waktu selama dua bulan untuk mengumpulkan hasil karya hingga tanggal 15 Januari 2022. Pemenang acara ini diumumkan pada 3 Februari 2022.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai KOVID dapat diikuti di Instagram @kompetisivideosemenit dan sejumlah media sosial lainnya.


Baca juga: ILO minta perusahaan di Indonesia pastikan K3 saat dan pascapandemi

Baca juga: ILO sebut keselamatan bekerja bantu ketahanan bisnis jangka panjang

Baca juga: ILO luncurkan layanan penilaian risiko COVID-19 di tempat kerja

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021