Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique mengaku merasa lega setelah timnya sukses memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Swedia dengan skor tipis 1-0, Minggu malam waktu setempat.

"Saya telah menghilangkan beban berat dari pundak saya," ujar Luis Enrique dikutip dari football-espana, Senin.

Mantan pelatih Barcelona itu menjelaskan, dirinya lebih merasakan banyak tekanan pada ajang kualifikasi Piala Dunia di banding kejuaraan yang lain.

Luis Enrique mengaku tekanan yang ia rasakan saat ini tidak sebesar dibanding ketika timnas Spanyol berlaga di Euro atau empat besar dari UEFA Nations League yang lalu.

"Saya membawa ransel seberat 100kg. Saya lebih merasakan tekanan di tahap kualifikasi ini dibanding di Euro atau empat besar Nations League," ungkap Luis Enrique kepada Mundo Deportivo.

Baca juga: Alvaro Morata antar Spanyol ke putaran final Piala Dunia 2022

Selanjutnya Luis Enrique saat ini tengah berusaha untuk meletakkan fokus untuk bisa mendapatkan Piala Dunia yang bagus. Dirinya menyadari jika ia gagal mempersembahkan kemenangan, dirinya akan mendapatkan kritikan.

"Saya fokus untuk memiliki Piala Dunia yang bagus dan saya tahu bahwa jika seorang pelatih tidak menang, dia akan menerima kritikan," terang Luis Enrique.

Spanyol memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Swedia dengan skor tipis 1-0 berkat gol yang dicetak Alvaro Morata.

Hasil ini membuat Spanyol mengakhiri babak kualifikasi sebagai juara Grup B di atas Swedia dengan raihan total 19 poin dari 8 pertandingan.

Baca juga: Spanyol rebut puncak klasemen Grup B seusai bekuk Yunani
Baca juga: Serbia pecundangi Portugal demi pesan tempat ke Qatar
Baca juga: Kroasia cetak tiket ke Qatar seusai tundukkan Rusia

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021