Kendari (ANTARA) - Drama kolosol bercerita tentang sejarah masyarakat Buton memeluk Islam menyemarakkan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-5 Korps Pegawai Negeri Indoneia (Korpri) tingkat nasional 2021 yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Penampilan ribuan penari dari pelajar SMA/SMK/MA dan sederajat membuat pembukaan kegiatan nasional bersifat keagamaan itu semakin meriah, Minggu (14/11) malam.

Drama kolosal oleh Sanggar Jati Indonesia itu mengisahkan masyarakat Buton sejak menganut animisme lalu memeluk Islam. Drama yang ditampilkan ribuan pelajar tersebut memukai para peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Pandangan peserta MTQ Ke-5 Korps Korpri itu tertuju kepada penari kolosal saat mereka tampil dengan membawa obor di tangan sambil menari.

Selain memukau peserta kafilah dari perwakilan berbagai kementerian/lembaga serta utusan dari 33 provinsi lainnya, penampilan mereka juga menarik masyarakat Sultra, khususnya di Kota Kendari, yang turut hadir menyaksikan pembukaan kegiatan nasional itu.
 
Drama kolosal sejarah Islam Buton semarakkan pembukaan MTQ Ke-5 Korpri, Minggu (14/11/2021) (ANTARA/Harianto)



Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menilai MTQ Ke-5 Korpri pada 2021 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai kegiatan terbesar.

"Alhamdulillah, MTQ Ke-5 Korpri di Kota Kendari tahun ini yang paling besar, karena selain diikuti 34 provinsi dari seluruh Tanah Air, juga hadir perwakilan dari 37 Kementerian Dalam Negeri, nondepartemen, maupun Kementerian Luar Negeri," kata Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrollah saat memberi sambutan pada rangkaian Pembukaan MTQ Ke-5 Korpri 2021 yang dipusatkan di Alun-Alun Tugu Religi MTQ Kendari, Minggu (14/11) malam.

Perhelatan MTQ ke-5 korps Korpri tingkat nasional ini yang bakal berlangsung mulai 14 hingga 20 November 221 dibuka langsung oleh Wakil Menteri Agama Zairut Tauhid.

Pembukaan tersebut juga dihadiri Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Sekjen DPD Rahman Hadi, Kepala BKN Bima Haria Wubisana beserta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Wamenag harap MTQ Ke-5 Korpri beri warna keberagaman-persatuan bangsa
Baca juga: Drum Corps UHO iringi pembukaan MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional
Baca juga: MTQ Ke-5 Korpri 2021 di Kendari terbesar

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021