Lanud Sri Mulyono Herlambang langsungkan sertifikasi pilot FASI ke-42

Lanud Sri Mulyono Herlambang langsungkan sertifikasi pilot FASI ke-42

Pembukaan pengambilan sertifikasi dasar pilot Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) ke-42 dilangsungkan di Landasan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (12/11/2021) (ANTARA/HO. Lanud Sri Mulyono Herlambang)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Pengambilan sertifikasi dasar pilot Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) ke-42 dilangsungkan di Landasan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Sumatera Selatan.

Paban II/Puanpotdirga Spotdirga Kolonel Pnb R Agung Sasongkojati di Palembang, Sabtu, mengatakan hal tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari pengembangan potensi kedirgantaraan (Spotdirga) sesuai amanah Undang-undang (UU) RI No 34 tahun 2004 pasal 10.

Menurutnya, dalam aturan tersebut menyebutkan bahwa tugas TNI Angkatan Udara adalah melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yuridiksi nasional.

“Sesuai dengan ketentuan hukum internasional yang telah dirafikasi serta tugas TNI Angkatan Udara dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara,” kata Paban II/Puanpotdirga Spotdirga.

Baca juga: Tim Garuda Terbang di langit Jember peringati Hari Lahir Pancasila

Baca juga: KONI Sulteng harap Pengprov FASI fokus hadapi PON XX

Ia menjelaskan pengambilan sertifikasi dasar tersebut diikuti oleh sebanyak 76 orang peserta pegiat pesawat remot kontrol.

Mereka akan dibina dan dilatih selama dua hari yang dimulai pada Sabtu hingga Ahad (14/11) sehingga memahami dengan benar teknik penerbangan termasuk tata aturan yang berlaku di dalamnya.

Acara yang diprakarsai FASI dan Spotdirga tersebut menuai apresiasi secara khusus oleh Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Hermawan Widhianto.

“Terimakasih kepada Spotdirga, karena kali ini telah memilih Lanud Sri Mulyono Herlambang dalam acara Sertifikasi Basic Remot Pilot (BRP) Course Fasi Class-XLII 2021 ini,” kata Komandan Hermawan Widhianto.

Ia berharap kepada seluruh peserta selalu mengutamakan keselamatan selama pelaksanaan kegiatan sertifikasi dan pelatihan tersebut khususnya tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pentingnya seluruh peserta yang hadir agar selalu memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus COVID-19,” ujarnya.

Sehingga  tubuh peserta tetap terjaga dan siap menyerap setiap ilmu-ilmu yang diberikan oleh para mentor yang kompeten dalam kegiatan tersebut.*

Baca juga: Kejurda paralayang: Tiga atlet Donggala sapu bersih kelas senior

Baca juga: FASI buat terobosan lomba paralayang virtual pertama di dunia

Pewarta : Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021