Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Wilayah Jatim Emil Elestianto Dardak meminta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Jember ikut serta mendukung percepatan vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di kabupaten setempat.

"Mohon kiranya IPHI Jember bisa berperan serta menggenjot vaksinasi terutama vaksinasi lansia karena di Jawa Timur capaian vaksinasi lansia masih 42 persen," katanya saat menghadiri musyawarah daerah IPHI Jember di aula Kantor Dinas Pendidikan Jember, Sabtu.

Menurutnya, anggota IPHI bisa menjadi tauladan dan memberi contoh kepada masyarakat untuk tidak takut divaksinasi COVID-19 terutama untuk para lansia, sehingga dapat mendorong percepatan vaksinasi lansia di Jember dan Jatim.

"Keanggotaan IPHI biasanya kalau di desa atau lingkungan tertentu dianggap sebagai teladan di lingkungan masing-masing, sehingga harapannya mereka bisa berpartisipasi ikut mendorong percepatan vaksinasi lansia," tuturnya.

Baca juga: Wagub Jatim: Dari 2,55 juta warga lansia, baru 30 persen yang divaksin

Baca juga: Khofifah berharap peran tokoh masyarakat-agama yakinkan vaksin aman


Mantan Bupati Trenggalek itu mengatakan bahwa IPHI bisa bermitra dengan pemerintah untuk mengadakan kegiatan vaksinasi dengan sasaran lansia karena sejauh ini ada beberapa kendala lambannya vaksinasi lansia di sejumlah daerah.

"Para lansia enggan divaksinasi karena beranggapan mereka tidak kemana-mana dan tidak pergi ke luar, namun tanpa disadari anak-anak dan cucunya tetap aktif berkegiatan di luar, sehingga dikhawatirkan mereka membawa karier menularkan virus ke lansia saat di rumah," katanya.

Para lansia, kata dia, rentan tertular virus dan dampaknya bisa lebih parah dibandingkan warga usia produktif, sehingga vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu upaya untuk membentengi dari COVID-19 dan tentunya harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Emil mengimbau anggota IPHI Jember bisa berperan aktif mengajak masyarakat lansia untuk bersedia divaksinasi COVID-19 untuk mendorong percepatan vaksinasi lansia di Jawa Timur.

Selain membuka musda IPHI Jember, Wagub Emil Dardak juga meninjau serbuan vaksinasi di salah satu perumahan di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, dan meninjau gelar karya talenta MJC dalam rangka Festival Hari Jadi Provinsi Jatim di sebuah mal di Jember.*

Baca juga: 1.400 lansia di Kota Ponorogo-Jatim jalani vaksinasi COVID-19 di mal

Baca juga: Khofifah minta masyarakat yang sudah divaksin tetap patuhi protokol

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021