Ardern berharap tawaran AS untuk jadi tuan rumah APEC 2023 diterima

Ardern berharap tawaran AS untuk jadi tuan rumah APEC 2023 diterima

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyampaikan pidato kunci di KTT para pemimpin negara anggota APEC 2021 (ANTARA/HO-APEC New Zealand)

Wellington (ANTARA) - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan dia mengharapkan anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) akan segera mencapai konsensus untuk menerima tawaran Amerika Serikat menjadi tuan rumah rangkaian pertemuan tahunan APEC pada 2023.

"Sebelum tahun ini, tidak ada anggota APEC yang menawarkan menjadi tuan rumah untuk 2023 dan 2024," kata Ardern pada konferensi pers pada Sabtu pagi.

Ardern berbicara pada konferensi pers itu setelah dia menjadi tuan rumah pertemuan puncak virtual para pemimpin dari 21 anggota ekonomi APEC.

Baca juga: Presiden fokus berdayakan UMKM dan penanganan iklim di APEC-ABAC

"Oleh karena itu, saya sangat senang bahwa Amerika Serikat dan Peru telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah masing-masing pada 2023 dan 2024 dan berharap pengaturan untuk menjadi tuan rumah di masa depan dikonfirmasi sesegera mungkin," ujarnya.

Rangkaian pertemuan APEC pada 2021 diselenggarakan sepenuhnya secara daring karena Selandia Baru sebagai tuan rumah menerapkan langkah-langkah pengendalian pandemi garis keras.

Selain itu, para pemimpin politik dan bisnis menekankan perlunya memerangi COVID-19, mendekarbonisasi ekonomi, dan bertumbuh secara berkelanjutan.

Thailand adalah tuan rumah pertemuan APEC untuk 2022.

Sumber: Reuters

Baca juga: Para pemimpin APEC janji atasi pemulihan ekonomi, COVID-19, dan iklim
Baca juga: Presiden Jokowi ajak APEC buka mobilitas yang aman di kawasan
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021