Ratusan personel polisi amankan penertiban lahan di KEK Bitung

Ratusan personel polisi amankan penertiban lahan di KEK Bitung

Personel polisi lakukan pengamanan penertiban lahan di KEK Bitung (ANTARA/HO/Humas Polda Sulut) (1)

Manado (ANTARA) - Sebanyak 949 personel gabungan dari Polda Sulawesi Utara (Sulut), Polres Bitung, Polres Minahasa Utara dan Polresta Manado ditugaskan dalam pengamanan penertiban lahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, mulai Kamis (11/11).

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, di Manado, Kamis, mengatakan, pengamanan dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kapolda Sulut.

“Pengamanan dilakukan sampai tanggal 13 November, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan saat penertiban lahan di lokasi KEK Bitung,” katanya.

Baca juga: Satpol PP Jaksel tertibkan kios di pinggir saluran Kali Baru Tebet
Baca juga: Jaksel tertibkan bangunan ilegal di lahan milik pemprov


Abast mengatakan pengamanan dari pihak kepolisian yang juga bersinergi dengan TNI ini bersifat mem-back up atau membantu Pemprov Sulut dalam proses pengosongan lahan di KEK Bitung.

“Sejak Rabu (10/11) malam, Polres Bitung juga sudah menyiagakan personel di pintu masuk KEK untuk melakukan pengamanan sekaligus penyekatan,” katanya.

Ia menambahkan sebelum melakukan pengamanan, seluruh personel mengikuti apel kesiapan dan mendapatkan arahan.

“Seluruh personel pengamanan tentunya diminta mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis. Harapannya, proses penertiban lahan berjalan aman dan lancar, serta masyarakat yang mendiami lahan KEK agar kooperatif meninggalkan lokasi tersebut,” kata Abast.
Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021