Wali Kota Semarang berharap kendaraan listrik bantu kurangi polusi

Wali Kota Semarang berharap kendaraan listrik bantu kurangi polusi

Peresmian pabrik kendaraan listrik PT. Volta Indonesia Semesta di Semarang, Kamis (11/11/2021). ANTARA/Wisnu Adhi

Semarang (ANTARA) -
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat dapat membantu pemerintah dalam mengurangi polusi udara sehingga udara menjadi lebih bersih dan sehat.

"Keberadaan Volta dengan kendaraan listriknya pasti sangat membantu peran pemerintah terutama untuk mengurangi polusi dan menciptakan udara yang lebih bersih sehingga warga menjadi lebih sehat," katanya saat meresmikan Pabrik Kendaraan Listrik PT. Volta Indonesia Semesta di Kawasan Industri Candi, Semarang, Kamis.

Menurut Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, pengoperasian pabrik kendaraan listrik Volta berbasis ramah lingkungan dapat memberi kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

"Di tengah pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang gulung tikar, mau investasi juga rumit, tapi PT. Volta Indonesia Semesta mau menginvestasikan uang yang tidak sedikit di Kota Semarang. Saya doakan investasinya sukses, lancar, dan berkah," ujarnya.

Baca juga: Motor listrik mulai 'Ngaspal' di Cikarang

Baca juga: Pos Indonesia X Swap Energi hadirkan motor listrik untuk kurir wanita

Direktur PT. Volta Indonesia Semesta Willty Awan mengatakan peresmian pabrik kendaraan listrik oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menunjukkan komitmen pemerintah kota setempat dalam mendukung pelaksanaan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Dengan beroperasinya pabrik ini, kami optimistis dapat memroduksi sebanyak 5.000 unit motor listrik setiap bulan, dan mencapai 60.000 unit motor listrik setiap tahunnya," katanya.

Dalam pembuatan kendaraan listrik, PT. Volta Indonesia Semesta bekerja sama dengan PT. Energi Selalu Baru sebagai penyedia teknologi Battery Replacement System (SGB) yang digunakan sebagai sumber energi utama kendaraan listrik Volta.

Presiden Direktur PT. Energi Selalu Baru Abraham Theofilus menambahkan teknologi SGB merupakan inovasi terbaru untuk sumber tenaga kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan.

"Kolaborasi dua teknologi terbaru ini merupakan inovasi apik yang kami harapkan dapat mendorong tumbuhnya ekosistem KBLBB di tanah air," ujarnya.

Peresmian pabrik kendaraan listrik PT. Volta Indonesia Semesta ini juga dihadiri Brand Ambassador Volta Deddy Corbuzier.*

Baca juga: Menhub dukung motor listrik anak bangsa diproduksi

Baca juga: Hyundai sebar "teaser" SUV listrik sebelum diluncurkan
Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021