Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Jakarta masuk 50 besar kota di dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi COVID-19, salah satu indikatornya adalah capaian vaksinasi.

"Jakarta saat ini masuk 50 besar kota terbaik dalam penanganan COVID-19," kata Anies Baswedan saat saat membuka kegiatan Jakarta Investment Forum (JIF), di Jakarta, Kamis.

Anies menjelaskan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Pemprov DKI capaian vaksinasi dosis pertama warga di Jakarta hingga 10 November 2021, mencapai hampir 10,98 juta orang."Sedangkan, capaian vaksinasi dosis kedua mencapai 8,6 juta orang," katanya.

Dari jumlah itu, 67 persen di antaranya adalah warga dengan KTP DKI Jakarta dan yang lainnya warga non KTP DKI Jakarta.

Sebelumnya, sebuah lembaga yang menjadi bagian konsorsium internasional non-profit dan komersial, Deep Knowledge Analytics (DKA), menempatkan Jakarta berada di peringkat ke-47 dari 50 besar kota di dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi COVID-19, dengan total skor 51,43. 

Baca juga: Anies: Banyak warganya belum vaksin karena tak berdomisili di Jakarta

DKA menjelaskan, hasil kajian itu berdasarkan data yang dikumpulkan hingga September 2021 dalam analisis bertajuk COVID-19 City Safety Ranking pada kuartal II-2021.

Tolok ukur dalam menganalisis respons kota dalam penanganan pandemi COVID-19 itu adalah, vaksinasi, ekonomi, pencegahan, tata kelola pemerintahan, dan keamanan.

DKA menjelaskan, dalam analisis tersebut menggunakan total 8.000 data dengan mengaplikasikan kerangka analisis yang disusun menggunakan 114 indikator, yakni kualitatif dan kuantitatif, kemudian diklasifikasikan menjadi lima kategori yang diterapkan 72 kota di dunia.

Lalu, dari 72 kota itu mengerucut menjadi 50 besar kota di dunia dengan skor tertinggi.

Dari hasil kajian terhadap 50 kota besar itu, untuk indikator ketahanan ekonomi, Jakarta memiliki nilai 11,05.

Kemudian, efisiensi pemerintah nilainya mencapai 10,61, manajemen kesehatan 9,17, efisiensi karantina mencapai 12,81, dan vaksinasi 7,78.

Baca juga: Dubes AS kunjungi lokasi vaksinasi suntikan Pfizer di jakarta
Baca juga: Pemprov DKI percepat penyediaan dosis vaksin di Ibu Kota

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021