Rencananya, tiga pelajar tersebut diberangkatkan pada Selasa mendatang  (16/11) dengan harapan dapat mengharumkan nama daerah
Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong mengirim tiga pelajar mewakili Pemprov Sulawesi Selatan untuk mengikuti sejumlah kompetisi tingkat nasional di DKI Jakarta.

"Ajang yang diikuti pelajar tingkat SMP yakni Lomba Gala Siswa Indonesia, Kompetisi Siswa Nasional di Bidang Sains, dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2021," kata Kepala Bidang Manajemen SMP Disdikbud Parigi Moutong Inje Pina di Parigi Mountong, Kamis.
 
Tiga pelajar yang mengikuti kompetisi tingkat Nasional itu yakni, Ramanda Dananjaya pelajar asal SMP Negeri 1 Sausu pada Lomba Gala Siswa Indonesia, Kadek Indra Mulyaningsih asal SMP Satap Negeri Karya Mandiri mengikuti Kompetisi Siswa Nasional Mata Pelajaran IPA, dan Muhamad Ibnu Syaqiq Latjuba asal SMP Negeri 1 Parigi berlaga di KOSN untuk cabang olahraga Silat.
 
Rencananya, tiga pelajar tersebut diberangkatkan pada Selasa mendatang  (16/11) dengan harapan dapat mengharumkan nama daerah.
 
Ia memaparkan, pada tahapan seleksi beberapa waktu lalu dilaksanakan secara virtual, masing-masing peserta membuat rekaman video terkait penguasaan materi sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan.
 
"Gala Siswa Indonesia misalnya, peserta mengirim rekaman video berdurasi satu menit ke panitia di Jakarta untuk di nilai," ujar Inje.
 
Yang mana, Gala Siswa Indonesia tahun 2021 merupakan perhelatan sepakbola yang ke-4 kalinya sebagai program kolaborasi tahunan antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mencetak pemain berbakat timnas Indonesia U-16.
 
Khusus gala siswa Indonesia, para peserta masih terus dilakukan seleksi hingga masuk 30 besar.

"Pencarian bakat sepakbola perwakilan Sulawesi Tengah terpilih empat orang, dua orang berasal dari Kota Palu, lalu dua orang lainnya berasal dari Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong. Mereka mengikuti trening center (TC) di Jakarta untuk seleksi masuk 30 besar," ungkap Inje.
 
Sedangkan kompetisi siswa Nasional bidang sains, katanya, Kadek Indra Mulyaningsih pelajar asal Parigi Moutong ini menjuarai kompetisi dari tingkat kabupaten/kota, provinsi yang saat itu dilaksanakan secara virtual hingga diutus menjadi perwakilan Sulawesi Tengah berlaga di tingkat Nasional dan kegiatan itu akan berlangsung tatap muka.
 
"Jika pelajar-pelajar ini lolos di tingkat nasional, maka kemungkinan besar dapat mewakili Indonesia ke ajang internasional," demikian Inje.
Baca juga: Kapolres Parigi Moutong janji gandeng pemda percepat vaksinasi
Baca juga: Keluarga: terima kasih penetapan Tombolotutu sebagai pahlawan Nasional
Baca juga: Parigi Moutong genjot vaksinasi COVID-19 di pasar tradisional

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021