Hari ini tujuh pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh berdasarkan hasil tes usap (swab) terakhir
Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman menyatakan pasien COVID-19 di provinsi itu yang berhasil sembuh bertambah menjadi 45.417 orang.

"Hari ini tujuh pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh berdasarkan hasil tes usap (swab) terakhir, sehingga secara kumulatif total pasien COVID-19 yang sembuh di Sulteng hingga saat ini berjumlah 45.417 orang," kata Adiman di Kota Palu, Rabu malam.

Ia menerangkan tujuh pasien COVID-19 yang telah sembuh itu berada di sejumlah daerah yakni empat orang di Kabupaten Parigi Moutong dan tiga orang di Banggai.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sulteng tambah 32 jadi 45.096 orang

Mereka yang sudah sembuh telah diizinkan pulang, namun harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat agar tidak kembali terpapar.

"Sementara itu tujuh orang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini meliputi tiga orang di Sigi, dua orang di Parigi Moutong dan satu orang di Kota Palu," ujarnya.

Sehingga secara kumulatif, lanjutnya, sampai saat ini sudah 47.074 orang yang terpapar COVID-19.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Sulteng bertambah jadi 44.524 orang

Selanjutnya satu pasien COVID-19 di Tolitoli dinyatakan meninggal dunia hari ini sehingga total pasien COVID-19 yang meninggal dunia sampai saat ini berjumlah 1.597 orang.

"Adapun 60 pasien COVID-19 saat ini menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat," terangnya.

Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sulteng bertambah jadi 44.131 orang

Selain itu, warga diimbau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat.

"Pencegahan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 harian 26 provinsi di RI kurang dari 10 orang

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021