Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, memastikan pekerjaan pengaspalan jalan Sirkuit Mandalika, di Lombok, NTB memiliki kualitas terbaik sehingga sesuai standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

"Berkat kualitas aspal yang digunakan, jalan Sirkuit Mandalika diklaim dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam," kata Komisaris Independen PT PP (Persero) Nur Rochmad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan saat dirinya bersama jajaran komisaris dan direksi perseroan kunjungan kerja ke Sirkuit Mandalika dalam menyambut ajang World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2021.

Baca juga: NTB gelar pengecekan akhir persiapan Sirkuit Mandalika

Dikatakan, perseroan dapat menyelesaikan pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan standar mutu dari FIM dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan dalam penyelenggaraan grand prix, dan PT PP menggunakan campuran aspal khusus untuk digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh aspal SMA, salah satunya adalah daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada pengendara. Proses pengerjaan aspal untuk jalan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah itu telah berhasil dituntaskan 100 persen pada bulan Agustus 2021 lalu.

Untuk mendukung gelaran perdana FIM Motul Worl Superbike 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 10-21 November 2021, perseroan juga dipercayakan untuk melakukan pekerjaan tambah, antara lain Race Control Building, Observation Deck, Medical Center, Helipad, Gantry, dan pondasi Pit Building.

Baca juga: Sebanyak 2.400 personel TNI amankan balap motor di Sirkuit Mandalika

Berkat kualitas yang dihasilkan dalam pembangunannya, proyek Sirkuit Mandalika ini memperoleh 3 rekor penghargaan dari MURI, yaitu Pengaspalan Menggunakan Teknologi BIM dengan volume Terbanyak, Pembangunan Sirkuit Pertama Standar FIM, dan Pembangunan Lintasan Sirkuit Tercepat.

Lintasan sirkuit yang dibangun ini merupakan sirkuit Moto GP pertama di Indonesia yang memiliki hasil pengaspalan termulus berkat teknologi yang digunakan dalam pembangunannya. Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika ini dikerjakan sejak bulan Juli 2020-Agustus 2021 dan menjadi pembangunan lintasan sirkuit yang tercepat.

Pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut memiliki lintasan sepanjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 tikungan tersebut dikerjakan oleh perseroan.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021