CoinShares: Aliran masuk bitcoin capai rekor puncak tahun ini

CoinShares: Aliran masuk bitcoin capai rekor puncak tahun ini

Logo Bitcoin terlihat di mesin ATM uang kripto di sebuah toko di Union City, New Jersey, AS, Mei 2021. ANTARA/Reuters/as.

New York (ANTARA) - Arus masuk ke produk-produk dan dana-dana Bitcoin telah mencapai rekor 6,4 miliar dolar AS sepanjang tahun ini, data dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan, karena investor membeli mata uang kripto di tengah penerimaan pemerintah yang lebih luas dan momentum positif.

Arus masuk Bitcoin mencapai 95 juta dolar minggu lalu, mewakili arus masuk terbesar dari semua aset digital, sementara arus masuk selama delapan minggu bullish untuk uang kripto mencapai 2,8 miliar dolar AS, data CoinShares menunjukkan pada Senin (8/11/2021).

Secara keseluruhan produk-produk dan dana-dana uang kripto membukukan arus masuk sebesar 174 juta dolar AS selama pekan yang berakhir 5 November, data CoinShares menunjukkan, sementara arus masuk dari investor institusional mencatat 12 minggu berturut-turut.

Bitcoin melonjak lebih dari empat persen ke level 66.555 dolar AS pada Senin (8/11/2021), mendekati rekor tertinggi 67.016,50 dolar AS yang tersentuh pada 20 Oktober, sementara ether, yang menopang blockchain Ethereum, menyentuh puncak sepanjang masa di 4.796,44 dolar AS.

"Lonjakan harga BTC (Bitcoin) hanyalah konfirmasi dari pengaturan pasar yang sangat kuat yang telah berkembang sepanjang Oktober," Mikkel Morch, direktur eksekutif hedge fund aset-aset kripto dan digital ARK36, mengatakan, seperti dikutip dari Reuters.

"Karena neraca pertukaran Bitcoin berada pada level terendah tiga tahun sementara pasokan pemegang jangka panjang berada pada titik tertinggi sepanjang masa, ada terlalu sedikit Bitcoin yang tersedia untuk memenuhi permintaan."

Investor juga menggelontorkan 31 juta dolar AS ke dalam produk-produk dan dana-dana Ethereum minggu lalu. Meskipun pangsa pasar Ethereum telah menurun dalam beberapa bulan terakhir karena dominasi Bitcoin telah tumbuh, kombinasi baru-baru ini dari kinerja harga yang positif dan arus masuk yang kuat mendorong aset yang dikelola ke rekor 20 miliar dolar AS.

Tron, platform digital yang berfokus pada aplikasi hiburan, memiliki aliran masuk sebesar 79 juta dolar AS selama tujuh minggu terakhir, menjadikannya aset virtual terbesar ke-8 dalam hal aset di bawah kelolaan.

Aset di bawah kelolaan Grayscale dan CoinShares, dua manajer aset digital terbesar, masing-masing naik minggu lalu menjadi 55,67 miliar dolar AS dan 5,5 miliar dolar AS.

Baca juga: Aset kripto Tokenoid gabungkan konsep main game sambil investasi
Baca juga: Asosiasi: potensi kripto di Tanah Air terbuka lebar
Baca juga: Uang kripto catat arus masuk 10 minggu beruntun dipimpin Bitcoin
Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021