BEM FIB UI gelar bakti sosial di Kampung Pemulung Mongol

BEM FIB UI gelar bakti sosial di Kampung Pemulung Mongol

Kegiatan bakti sosial BEM FIB UI (ANTARA/Foto: istimewa)

Depok (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (BEM FIB UI) menyelenggarakan kegiatan sosial berupa program kerja bakti sosial di wilayah Kampung Mongol, Bogor Tengah, Jawa Barat.

"Bakti Sosial Ikatan Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (IKM FIB UI) ini merupakan salah satu program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan BEM FIB UI yang dilakukan rutin setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda," kata Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan BEM FIB UI 2021, Salma Amellia dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Ia mengatakan selain sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi, kegiatan ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa FIB UI kepada masyarakat sekitar.

Bakti Sosial IKM FIB UI dilakukan dengan serangkaian mata acara yang dilakukan sejak awal Oktober hingga puncak acara yang akan digelar selama dua hari, yakni tanggal 6-7 November 2021.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, Bakti Sosial IKM FIB UI melakukan
pengajaran formal maupun nonformal untuk anak-anak usia sekolah di wilayah setempat.

Pengajaran yang dilakukan pada setiap akhir pekan di bulan Oktober ini turut menggandeng Cimsa UI untuk memberikan materi mengenai edukasi pubertas dan otoritas tubuh. Kegiatan pengajaran yang berakhir pada akhir Oktober lalu, ditutup dengan kelas kreasi melukis pada tas polos.

Acara puncak yang diadakan pada 6 November 2021 ialah berupa pengecekan kesehatan gratis yang diikuti oleh 45 lansia dan 29 masyarakat usia produktif. Kegiatan pengecekan kesehatan gratis ini, bekerja sama dengan para tenaga kesehatan dari Duta Muda Sehat Kota Bogor di bawah Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Dalam pengecekan kesehatan gratis tersebut, dilakukan pemeriksaan tensi serta kadar gula darah. Kegiatan pengecekan dilakukan di Majlis Al-Ikhlas serta "door to door" untuk para lansia yang sudah tidak mampu untuk datang langsung ke lokasi.

Selain pengecekan kesehatan gratis, dibagikan pula paket kesehatan yang mencakup PMT serta vitamin bagi balita dan ibu hamil.

Pembagian masker juga dilakukan di setiap kunjungan, diselingi penyuluhan kesehatan bagi masyarakat sekitar khususnya terkait protokol kesehatan COVID-19 untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan serta salah satu bentuk pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Pengadaan beras dalam paket sembako disponsori "Bulog Peduli". Penyerahan bantuan beras dilakukan oleh Bulog Peduli kepada Project Officer Bakti Sosial IKM FIB UI 2021 di Asrama UI yang berlokasi di Kampus UI Depok.

Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus COVID-19. Sebelum pelaksanaan acara pun, telah dilakukan tindakan preventif dengan melakukan skrining riwayat kesehatan satu minggu sebelum turun dan melampirkan sertifikat vaksin bagi seluruh panitia yang turun.

Kegiatan bakti sosial yang diadakan di Kampung Mongol ini mendapatkan sambutan yang baik oleh masyarakat setempat. Masyarakat Kampung Mongol pun cukup merasakan manfaat dari kegiatan ini.

Kepala Desa Kampung Mongol, Budi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dari Baksos maupun pihak luar yang telah turut membantu dalam melaksanakan acara baksos di Kampung Mongol.

“Terima kasih kepada panitia Baksos FIB UI yang telah melaksanakan kegiatan di
Kampung Mongol. Mulai dari melakukan pengajaran, membimbing, dan mengajak
anak-anak untuk bermain sehingga anak-anak di sini memiliki kegiatan yang positif," kata Budi.

"Apalagi Sabtu (6/11) ini pada berobat gratis (lansia) karena lansia di sini sangat jarang tersentuh oleh Dinas Kesehatan. Kebanyakan dari lansia tersebut malas untuk berobat. Akan tetapi, karena adanya bakti sosial ini, para lansia ini jadi lebih terbantu kesehatannya," tutur Budi.

Kemudian, pada pembagian sembako hari ini, warga juga sangat terbantu secara
ekonomi terlebih pada saat kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Menurut Budi rekan-rekan dari UI ini termasuk orang-orang yang baik karena pada dasarnya kita tidak saling mengenal dan kakak-kakak dari UI juga tidak mengenal warga Kampung Mongol.

Mungkin kakak-kakak di sini digerakkan hatinya oleh Tuhan untuk membantu warga Kampung Mongol. Ia berpesan untuk kayak-kakak baksos ini, jangan berhenti untuk melakukan kebaikan di manapun.

Ketua Pelaksana Bakti Sosial IKM FIB UI 2021 Okky Alfarez juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, baik dari pihak kampus, donatur, mitra kolaborator, maupun sponsor yang telah memberikan sumbangsih penuh.

“Alhamdulillah, kegiatan yang telah berjalan selama satu bulan dengan mata acara pengajaran, cek kesehatan bagi lansia dan pembagian PMT untuk balita, serta pembagian sembako berjalan dengan baik," ucap Budi.

"Ungkapan terima kasih, saya berikan kepada Bulog yang telah memberikan 350 karung beras serta Assyifa Peduli yang telah berkontribusi besar dalam acara tersebut," kata Budi lagi.
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021