Saya ikut (mendaki gunung) enam atau tujuh kali
Purbalingga (ANTARA) - Sebanyak delapan pendaki berusia di atas 40 tahun mengikuti kegiatan "Pendakianlp Bersama Napas Tua ke Gunung Slamet" melalui jalur Bambangan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Saat ditemui di Pos Pendakian Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Sabtu, fasilitator "Pendakian Bersama Napas Tua ke Gunung Slamet" Wahyu Budiarto mengakui jumlah pendaki yang mengikuti kegiatan tersebut tidak mencapai target yang diharapkan, yakni maksimal 50 orang.

"Bahkan, beberapa pendaki yang sudah mendaftarkan diri terutama yang berasal dari Jawa Timur batal mengikuti kegiatan tersebut karena mereka ikut terlibat dalam penanganan bencana di Kota Batu," katanya.

Kendati hanya diikuti oleh delapan pendaki berusia di atas 40 tahun, dia mengatakan pihaknya tetap melaksanakan kegiatan "Pendakian Bersama Napas Tua ke Gunung Slamet".

"Total yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 20 orang termasuk tim operasional yang mengawal pendakian," kata pria yang akrab disapa Yudi Kumis.

Selain "Pendakian Bersama Napas Tua ke Gunung Slamet", kata dia, pihaknya juga memberangkatkan sekitar 30 pendaki reguler yang berasal dari wilayah Jabodetabek.

Menurut dia, keberangkatan pendaki reguler ke puncak Gunung Slamet beriringan dengan peserta "Pendakian Bersama Napas Tua".

Salah seorang peserta "Pendakian Bersama Napas Tua ke Gunung Slamet", Arnold Halim (56) mengaku memiliki hobi mendaki gunung sejak masih duduk di bangku sekolah menengah pertama sekitar tahun 1981.

"Saya mulai aktif mendaki lagi dalam tiga tahun terakhir. Pendakian terakhir September kemarin di Gunung Gede," kata pria asal Jakarta itu.

Terkait dengan kondisi cuaca di Gunung Slamet yang sering turun hujan, dia mengaku sudah melakukan persiapan maksimal karena sebagai pendaki gunung harus siap dengan segala kondisi.

Sementara dalam rombongan pendaki reguler asal Jabodetabek, ada seorang anak berusia 11 tahun yang ikut serta mendaki Gunung Slamet bersama kedua orang tuanya, Joko Susilo (39) dan Leni Hamdi (40), warga Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat ditemui sebelum melakukan pendakian, bocah bernama Muhammad Bianco Alaric itu mengaku sudah ikut mendaki gunung bersama orang tuanya sejak masih duduk di bangku taman kanak-kanak.

"Saya ikut (mendaki gunung) enam atau tujuh kali. Ini pertama kalinya saya ikut mendaki Gunung Slamet," kata dia yang bercita-cita menjadi astronot.

Ia mengaku sangat senang bisa ikut mendaki gunung bersama orang tuanya meskipun kadang merasa letih.

Kendati demikian, dia tidak meminta digendong orang tuanya ketika merasa letih. "Hanya istirahat sebentar lalu jalan lagi," katanya.

Terkait dengan keikutsertaan anaknya dalam pendakian ke Gunung Slamet, Joko Susilo mengatakan pendakian merupakan kegiatan rutin keluarganya namun dalam beberapa waktu terakhir ditunda karena adanya pandemi COVID-19.

Baca juga: Puluhan pendaki senior bakal mendaki Gunung Slamet

Baca juga: PVMBG ingatkan Gunung Slamet masih berstatus waspada


"Sebenarnya kemarin mau ke Gunung Merbabu tapi agak ribet transportnya, hingga akhirnya ketemu Pak Yudi (Yudi Kumis, red.) langsung diarahkan ke sini dan anak saya nagih mau ikut," katanya.

Sebelum berangkat ke Gunung Slamet, kata dia, Bianco ikut latihan mendaki lebih dulu di Gunung Salak.

Menurut dia, Bianco yang merupakan anak semata wayangnya itu mulai mengikuti pendakian sejak masih berusia empat tahun.

"Awalnya di Cicurug, trekking setengah jam, lalu naik, naik lagi. Setelah saya pikir sudah sanggup mengatasi udara dingin, saya ajak ke Gunung Gede, berapa bulan kemudian ke Pangrango, terus lintas dari Putri ke Cibodas, Salak," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan semua itu dilakukan agar anaknya dapat meminimalkan penggunaan gawai, sehingga bisa memaksimal saraf motoriknya.

"Basisnya anak kan motorik, harus gerak terus. Kalau diam terus di rumah kan kurang (gerak)," kata dia yang sebelumnya pernah mendaki Gunung Slamet melalui jalur Guci, Kabupaten Tegal. 

Baca juga: Ahli sebut Gunung Slamet berpotensi meletus besar di masa mendatang

Baca juga: CAUB Banyumas tawarkan wisata petualangan di kaki Gunung Slamet


 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021