Pemprov Sulbar programkan penyediaan listrik bagi 9037 rumah tangga

Pemprov Sulbar programkan penyediaan  listrik bagi 9037 rumah tangga

Dokumentasi-Personel PLN bahu membahu mengangkat tiang yang roboh untuk memulihkan aliran listrik yang padam akibat gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). ANTARA/HO-PLN

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)  memprogramkan bantuan listrik kepada masyarakat miskin sebanyak 9.037 kepala keluarga (KK) selama periode 2017-2021.

"Program bantuan listrik selama periode 2017-2021 itu berasal dari bantuan APBD, APBN, dan CSR PT. PLN (Persero)," kata  Wakil Gubernur Sulbar, Enny Angraeni Anwar di Mamuju, Rabu.

Angraeni mengatakan sedangkan untuk tahun 2022, Pemprov Sulbar juga sudah memprogramkan bantuan listrik kepada  1.690 KK warga yang menjadi sasaran.

Enny menyatakan bantuan listrik gratis 2022 mendatang ini dapat menunjang program Sulbar terang hingga ke pelosok desa dan dusun, dengan harapan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan kesejahteraan rakyat.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar terus meningkatkan program pemenuhan kebutuhan listrik kepada masyarakat miskin atau kurang mampu, untuk mendukung pencapaian program nasional rasio elektrifikasi 100 persen.

Ia menyampaikan rasio elektrifikasi  atau jumlah masyarakat yang menikmati listrik saat ini di Sulbar berkisar 97,83 persen atau  telah melampaui target RPJMD Tahun 2021  sebesar 94 persen.

"Seiring meningkatnya pembangunan perekonomian daerah, diharapkan pertumbuhan ekonomi daerah ini masih tetap tinggi pada tahun mendatang, dengan terpenuhinya sarana kelistrikan," katanya.

Wakil Gubernur Sulbar, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. PLN Persero atas upaya membangun kelistrikan di Sulbar dan atas upaya bantuan CSR dan membangun untuk perekonomian masyarakat.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Cabang Mamuju, Didik Krismanto mengatakan, PLN Mamuju telah melakukan penyerahan donasi sekaligus peresmian penyalaan listrik gratis PLN Mobile untuk 403 KK warga di Sulbar.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk CSR PT. PLN telah dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia yang juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: PLN ungkap suka duka pulihkan listrik daerah terdampak gempa di Sulbar
Baca juga: PLN pulihkan aliran listrik 2.035 pelanggan di Ulumanda Sulbar
Baca juga: Usai gempa Sulbar, PLN pulihkan lima gardu listrik di Ulumanda
Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021