Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan terpilih menjadi tuan rumah Pra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Indonesia 2022 oleh Indonesia Youth Diplomacy yakni organisasi yang bergerak di bidang kepemudaan di Tanah Air.

Penunjukan Provinsi Sumsel sebagai salah satu tuan rumah Pra KTT Y20 Indonesia 2022 ini dilatarbelakangi atas pengalaman Sumsel yang sukses mengadakan kegiatan  besar, baik level nasional hingga internasional.

Ketua Indonesia Youth Diplomacy (IYD) dan Co Chair Youth 20 Indonesia Michael Victor Sianipar di Palembang, Selasa, mengatakan IYD merupakan tuan rumah resmi untuk KTT Y20 Indonesia 2022 yang telah diputuskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI.

IYD adalah organisasi non profit kepemudaan yang secara aktif berkontribusi memfasilitasi pemberdayaan inklusif bagi pemuda Indonesia dalam menyuarakan pemikiran kritis di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Sumsel dipilih Kemenparekraf tuan rumah ajang Triathlon 2021

Baca juga: Gubernur Sumsel pastikan venue Piala Dunia U-20 tetap dirawat


Terdapat empat area prioritas untuk KTT Y20 Indonesia 2022 yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet berkelanjutan dan layak huni serta keberagaman dan inklusif.

Pembukaan dilakukan secara daring. Sumsel akan menjadi tuan rumah Pra KTT dalam isu ketenagakerjaan pemuda pada 19-20 April 2022 mendatang.

Sejumlah keuntungan bakal diperoleh Sumsel nantinya sebagai tuan rumah Pra KTT Y20 seperti penunjukan kota di peta global, meningkatkan prestise daerah, meningkatkan ekspose dan kapasitas pemuda lokal, menunjukkan budaya dan keindahan daerah ke dunia serta menjadi sorotan pemberitaan nasional.

"Kesempatan menjadi tuan rumah KTT ini sangat langka sekali, karena bisa didapatkan setiap 20 tahun sekali," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut baik dengan telah ditunjuknya Sumsel menjadi tuan rumah Pra KTT Y20 Indonesia 2022.

"Kami sambut baik kegiatan ini, karena Sumsel akan menjadi sorotan mata dunia terutama bagi para pemuda dari berbagai negara," kata dia.

Herman Deru mengatakan Sumsel siap menjadi tuan rumah Pra KTT Y20 Indonesia 2022 karena telah berpengalaman dalam menggelar kegiatan skala internasional, seperti Asian Games 2018.*

Baca juga: Sumsel tuan rumah Gerakan Indonesia Tertib Protokol Kesehatan

Baca juga: Tim PSSI kunjungi Palembang pastikan kesiapan jelang Piala Dunia

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021