Untuk perwakilan RI di luar negeri, acara peringatan Hari Pahlawan disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menetapkan kegiatan peringatan Hari Pahlawan 2021 khususnya di luar negeri, disesuaikan dengan situasi pandemi di masing-masing negara.

"Untuk perwakilan RI di luar negeri, acara peringatan Hari Pahlawan disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Ketua Umum Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 Kemensos Murhardjani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Sementara untuk penyelenggaraan di daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota pada prinsipnya menyesuaikan dengan pelaksanaan di pusat.

Baca juga: Keluarga: terima kasih penetapan Tombolotutu sebagai pahlawan Nasional

Kemensos telah menggelar rapat pleno membahas kegiatan peringatan Hari Pahlawan 2021 pada Senin (1/11).

​Menurut Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K2KRS) tersebut, rangkaian kegiatan Hari Pahlawan dilaksanakan secara serentak di pusat, daerah dan luar negeri.

"Rangkaian acara pusat yang akan dilaksanakan ke depan antara lain ziarah nasional, upacara tabur bunga di laut, penganugerahan gelar pahlawan nasional, mengheningkan cipta, upacara bendera, pengibaran bendera merah putih dan penguatan nilai kepahlawanan kepada para pelajar,” kata dia.

Baca juga: Kemensos kerja bakti bersihkan TMPNU Kalibata menjelang Hari Pahlawan

Sebelumnya, rangkaian kegiatan Hari Pahlawan sudah dimulai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan tingkat nasional dan kerja bakti kepahlawanan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utara (TMPNU) Kalibata.

Sementara Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan yang sudah berjalan. Apresiasi disampaikan pula kepada mitra kerja yang bekerja sama dengan Kemensos.

Edi berharap semangat dan nilai-nilai kepahlawanan dapat menginspirasi setiap langkah kehidupan untuk melakukan aksi nyata di lapangan, sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

Baca juga: PARFI ungkap rasa syukur atas gelar pahlawan untuk Usmar Ismail

Dirjen Edi juga mendengarkan laporan dari penanggung jawab berbagai bidang termasuk Bidang 2 yang dipimpin oleh Direktur Pemberdayaan Sosial, Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Serimika BR Karo.

Dia melaporkan rencana kegiatan yang bertujuan melakukan penguatan nilai kepahlawanan kepada pelajar pada 14 sampai 17 November 2021.

Baca juga: Gubernur Jatim minta Bupati Tuban ajukan Soegondo pahlawan nasional

"Kita akan undang perwakilan pelajar SMA di 34 provinsi juga pelajar di Jakarta, Tanggerang dan Bekasi, beserta guru pendampingnya," ujar Serimika.

Selain bidang 2, Bidang 3 terkait publikasi di bawah pimpinan Kepala Biro Humas Kemensos, Hasim juga menyampaikan laporan. Ia menjelaskan kesiapan Biro Humas dalam memberikan dukungan publikasi kegiatan berskala nasional tersebut.

Dukungan publikasi sudah berjalan sejak beberapa hari sebelumnya seperti pemediaan terhadap rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2021. Misalnya, kegiatan kerja bakti di TMPNU Kalibata.

Baca juga: Pemerintah berikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021