Kalau total keseluruhan PMI yang datang sebanyak 34.042 orang, yang positif 2.668 orang
Batam (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam, Kepulauan Riau, mencatat total 2.668 orang pekerja migran Indonesia (PMI) yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam pemeriksaan setibanya di daerah setempat sepanjang Januari hingga 31 Oktober 2021.

"Kalau total keseluruhan PMI yang datang sebanyak 34.042 orang, yang positif 2.668 orang," kata Kepala KKP Kelas I Batam Achmad Farchanny dalam Rapat Forum CIQP di Batam, Senin.

Ia mencatat, dari total 34.042 PMI yang pulang ke Tanah Air melalui Batam, sebanyak 30.391 orang di antaranya dari Malaysia, dan 3.651 orang lainnya dari Singapura.

Baca juga: Kasus kematian COVID-19 di Batam nihil dalam 10 hari terakhir

Setiap PMI yang pulang ke Tanah Air langsung menjalani tes PCR COVID-19 setibanya di Kota Batam.

Mereka yang dalam tes terkonfirmasi positif COVID-19 mendapatkan penanganan di RS Khusus Infeksi Pulau Galang hingga dinyatakan pulih, baru kemudian diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masing.

Baca juga: Masjid Sultan Batam kini miliki pojok baca digital

PMI yang hasil tes PCR-nya negatif menjalani karantina di rusun yang disiapkan Pemkot dan BP Batam. Kemudian menjalani tes PCR kedua pada hari ketujuh.

Apabila hasilnya tetap negatif maka mereka bisa melanjutkan perjalanan. Namun apabila diketahui terkonfirmasi positif maka mendapatkan penanganan di RSKI COVID-19.

Ia mengatakan pihaknya bersama pihak terkait CIQP (Custom, Immigration, Quarantine and Port Authority/ bea cukai, imigrasi, karantina dan otoritas pelabuhan) terus melakukan koordinasi setiap hari di lapangan.

Baca juga: Pemkot Batam ambil sampel 450 warga survei kekebalan terhadap COVID-19

"Utamanya dalam penanganan PMI supaya lebih rapi dan baik lagi," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Ibnu Ismoyo menyatakan Forum CIQP melakukan pertukaran informasi, perkembangan regulasi di masing-masing instansi, serta menyampaikan setiap perkembangan agar bisa diketahui bersama-sama.

"Imigrasi memberikan dukungan melaksanakan kebijakan pemerintah khususnya pencegahan COVID-19, cek poin di pelabuhan, bandar udara," kata dia.

Baca juga: Isolasi terpadu Asrama Haji Batam dinonaktifkan
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021