Surabaya (ANTARA) - Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) melakukan refleksi Hari Santri Nasional 22 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dengan merilis "12 Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur Tahun 2021".

"Parameter utama kami, muda dan nahdliyin atau warga NU," kata Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin Muhamad Didi Rosadi di Surabaya, Kamis.

Kader GP Ansor ini menjelaskan pada penghargaan tahun kedua ini, pihaknya sangat berbesar hati karena 12 tokoh tersebut tak sekedar berlatar belakang NU, tapi juga santri. Bahkan ada yang levelnya sudah kiai muda seperti Gus Salam.

Pria yang akrab disapa Diday ini menambahkan, untuk syarat muda, pihaknya menjabarkannya lebih luas lagi. Untuk itu, lanjut dia, mereka yang terpilih tak sekadar muda secara fisik, tapi juga penggerak dan pembina anak muda.

"Alhamdulillah, 12 tokoh muda nahdliyin ini tak sekedar berlatar NU, tapi juga santri, termasuk Kapolres Kota Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan. Beliau ini polisi berlatar santri. Ia tak sekadar piawai mengungkap kasus kejahatan, tapi juga pintar membaca kitab kuning. Ini patut kita apresiasi," kata jurnalis Harian Bangsa ini.

Sementara itu, Purnawa Kromojoyo, jurnalis TV9, mengatakan penghargaan ini bentuk apresiasi dari para jurnalis nahdliyin kepada para tokoh muda NU yang prestasinya bisa menginspirasi anak-anak muda NU untuk maju.

Ketua PP IPNU Bidang Kajian Sosial dan Politik ini membeberkan bahwa sejak mulai penilaian hingga pengumuman, pihaknya tidak ada komunikasi sama sekali dengan para penerima penghargaan. Hal ini untuk menjaga independensi dan kemandirian FJN.

"Penghargaan ini murni apresiasi dari kami, lewat riset yang dilakukan secara internal. Kami tak mengklaim nama-nama ini yang terbaik, tapi yang jelas mereka bisa menginspirasi anak-anak muda," kata alumnus UINSA Surabaya ini.

Berikut ini 12 Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur 2021 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin, yakni Emil Elestianto Dardak, Ph.D (Wakil Gubernur Jatim), Anwar Sadad, S.Ag, M.Si (Wakil Ketua DPRD Jatim), Eri Cahyadi, ST, MT (Wali Kota Surabaya), K.H. Abdussalam Shohib (Wakil Ketua PWNU Jatim), Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P (Bupati Sidoarjo), Fandi Akhmad Yani, SE (Bupati Gresik).

Muhammad Al Barra, Lc, M.Hum (Wakil Bupati Mojokerto), Mohammad Haerul Amri, SP, M.Pd (Wakil Ketua Umum PP GP Ansor), Fauzan Fuadi, S.I.Kom (Ketua F-PKB DPRD Jatim), AKBP Rofiq Ripto Himawan, SIK, SH, MH. (Kapolresta Mojokerto), Dewi Mariya Ulfa, ST (Wakil Bupati Kediri), Dr. Surokim Abdussalam (Dekan FISIB Univ Trunojoyo Madura). 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021