UPNVJ peringati Sumpah Pemuda beri penghargaan pemenang PON XX

UPNVJ peringati Sumpah Pemuda beri penghargaan pemenang PON XX

Pemberian penghargaan oleh Rektor UPNVJ Erna Hernawati di lapangan upacara UPNVJ Pondok Labu di Jakarta, Kamis (28/10/2021). (ANTARA/HO-UPNVJ)

Jakarta (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi atau menjadi pemenang dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Penyerahan penghargaan baru pertama dilakukan dan akan terus dilakukan untuk  memotivasi mahasiswa lain,” kata Rektor UPNVJ Erna Hernawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Disebutkan bahwa penghargaan diberikan kepada lima mahasiswa yang meraih medali emas dan perunggu, juga kepada 20 peserta komponen cadangan (komcad) yang meliputi 14 mahasiswa dan enam tenaga kependidikan UPNVJ.

Baca juga: UPNVJ berkomitmen dukung vaksinasi untuk wujudkan ketahanan komunitas

Kelima mahasiswa penerima penghargaan itu adalah Renasti Pratiwi peraih medali emas dan perunggu cabang olahraga shorinji kempo, Muhammad Uchida Sudirman peraih medali emas dan perunggu cabang olahraga muaythai.

Lebih lanjut disebutkan pula tiga mahasiswa yang mendapatkan penghargaan serupa yakni Nicholas Bhagasinsan peraih medali perunggu cabang olahraga baseball, Utari Sekar Ramadhani peraih medali perunggu cabang olahraga kriket dan Adelya peraih medali perunggu cabang olahraga terbang layang.

Erna menjelaskan seluruh penerima penghargaan tersebut, akan mendapatkan insentif, antara lain bagi peraih medali emas, pihaknya akan memberikan insentif berupa bebas uang kuliah tunggal (UKT) selama dua semester.

Baca juga: UPNVJ dorong dosen tingkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat

Sedangkan bagi peraih medali perunggu akan mendapat insentif berupa potongan UKT sebesar 50 persen selama dua semester serta insentif lainnya bagi peserta komcad.

Selain pemberian penghargaan pada kelima mahasiswa tersebut, dia juga mengumumkan bahwa salah satu peserta komcad dari UPNVJ berhasil menjadi peserta terbaik di bidang umum, komponen cadangan matra darat tahun 2021, Kodam Jayakarta.

Ia pun menuturkan untuk pembinaan khusus kepada para komcad belum diadakan, namun pihaknya telah melakukan sosialisasi bagi mahasiswa yang tergabung dalam kelompok komcad universitas.

“Pembinaan khusus memang belum ada dari kami, namun sosialisasi untuk komcad kami lakukan. Program komcad ini juga sangat membantu kami dalam menanamkan nilai bela negara yang sesungguhnya jadi kami juga sangat mendukung untuk kegiatan ini” ujar dia.

Baca juga: Peringati Kemerdekaan RI, UPNVJ-Kemendikbudristek gelar vaksinasi
Pewarta : Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021