Sehingga produk UMKM binaan Peruri dapat diterima oleh pasar di Australia, Eropa dan Kanada
Jakarta (ANTARA) -
Peruri menggandeng BUMN logistik PT Varuna Tirta Prakasya (Persero) atau VTP Logistics dan marketplace & fulfillment khusus ekspor Indonesia In Your Hand (IIYH), untuk membantu mengirimkan produk UMKM binaannya ke sejumlah negara.
 
Melalui sinergi ketiga perusahaan, nantinya seluruh kemasan produk yang bekerja sama dengan IIYH untuk dipasarkan di luar negeri akan menggunakan Peruri Code, yaitu QR Code yang dapat dilacak dan memiliki informasi publik dan privat di dalamnya.
 
Peruri Code memungkinkan seluruh barang atau produk dapat dimonitor 24 jam secara real-time sehingga posisi produk dapat mengetahui keberadaannya. Demikian pula status penjualannya dapat dipantau sehingga sangat bermanfaat bagi para eksportir, importir dan pembeli/konsumen.
 
"Penggunaan Peruri Code pada produk yang dikirim melalui Indonesia In Your Hand sangat bermanfaat bagi pembeli di luar negeri, karena semua pihak dapat mengetahui orisinalitas produk Indonesia yang mereka beli," kata Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
 
Implementasi Peruri Code pada kemasan barang yang dikirim oleh VTP Logistics juga banyak membantu pihak-pihak terkait terutama dalam hal track and trace. Selain itu, produk itu juga merupakan bentuk konkret dukungan Peruri dalam memajukan UMKM di Indonesia sehingga bisa naik kelas ke level internasional.
 
Seremonial pelepasan produk mitra binaan Peruri yang bergerak di bidang produksi sepatu ke Australia, Kanada dan Eropa, dengan menggunakan Peruri Code dilakukan di Kantor Pusat Peruri Jakarta, Rabu (27/10).
 
Dalam beberapa hari ke depan, produk mitra binaan Peruri akan dikirimkan ke tiga benua tersebut menggunakan jasa dari VTP Logistics dengan pengelolaan pergudangan menggunakan Smartcity.Storage. Sementara penjualannya akan dikelola oleh IIYH yang bekerja sama dengan lokapasar di luar negeri.
 
Smartcity.Storage memiliki gudang di beberapa negara di antaranya di kota Sydney-Australia, Auckland-New Zealand, Bedeque-Kanada, Madrid-Spanyol, Zutphen-Belanda, Helsinki-Finlandia serta Jakarta dan Makassar-Indonesia yang terintegrasi dengan lokapasar setempat sehingga memudahkan proses penjualan yang akan mempertemukan produk-produk UMKM dengan para pembeli.
 
Direktur Utama VTP Logistics Adi Nugroho mengatakan sinergi BUMN dengan Peruri dan pihak swasta Indonesia In Your Hand sangat diperlukan oleh VTP Logistics dalam mendukung UMKM go international.
 
"Sehingga produk UMKM binaan Peruri dapat diterima oleh pasar di Australia, Eropa dan Kanada," kata Adi.
 
Sementara itu CEO & Founder Indonesia In Your Hand Amiranto Adi Wibowo mengatakan penggunaan Peruri Code akan menjamin keaslian produk dan meningkatkan nilai jualnya.
 
"Penggunaan Peruri Code kami wajibkan bagi industri dan UMKM yang hendak mengirimkan produknya melalui Smartcity.Storage dan Indonesia In Your Hand, karena kami harus menjamin keaslian produk Indonesia agar tidak terjadi komplain dan juga menaikkan nilai jual di marketplace yang berada di negara terkait," katanya.
 
Ke depan, Peruri, VTP Logistic dan Indonesia In Your Hand merencanakan penggunaan e-materai dan digital signature Peruri (Peruri Sign) sebagai bagian dari digitalisasi UMKM yang ditetapkan oleh pemerintah dengan bekerja sama dengan pemerintah luar negeri terkait agar semua data dapat terintegrasi.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021