Pemkot Surakarta siapkan lokasi isolasi terpusat untuk anak

Pemkot Surakarta siapkan lokasi isolasi terpusat untuk anak

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat menyapa anggota BPBD Kota Surakarta usai apel BPBD di Solo, Selasa (26/10/2021). ANTARA/HO-BPBD Kota Surakarta

Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta menyiapkan lokasi isolasi terpusat untuk anak seiring mulai bermunculannya klaster penularan COVID-19 di sekolah-sekolah.

"Saya sudah minta pak sekda untuk menyiapkan isoter (isolasi terpusat) untuk anak-anak terutama SD dan SMP," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada pelaksanaan apel jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta di Halaman Kantor BPBD, Selasa.

Ia mengatakan pemkot sendiri sudah menyiapkan Ndalem Priyosuhartan yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 70 Bumi Kecamatan Laweyan sebagai tempat isolasi terpusat untuk anak-anak. Ndalem Priyosuhartan sendiri sebelumnya juga pernah difungsikan sebagai tempat isolasi pasien OTG COVID-19 pada awal-awal pandemi tahun lalu.

Menurut dia, untuk penyiapan lokasi isolasi terpusat ini merupakan bagian dari kesiapan Pemkot Surakarta dalam menghadapi gelombang ketiga COVID-19.

"Harus siap jika nanti ada gelombang COVID-19 ketiga, kemarin sudah dibriefing pak menko, menkes, menhub, kita harus siap menghadapi gelombang ketiga COVID-19. Sudah mulai terlihat klaster di sekolah-sekolah, terutama adik-adik yang belum divaksin," katanya.

Baca juga: Jubir: Pemerintah percepat vaksinasi COVID-19 untuk lansia dan anak

Baca juga: Persoalan izin orang tua sebabkan vaksinasi remaja tersisa 15 persen


Untuk upaya lain yang juga sudah disiapkan di antaranya kesiapan tabung oksigen, tenaga kesehatan, dan rumah sakit.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Surakarta Nico Agus Putranto mengatakan sudah menyiapkan sebanyak 41 tempat tidur di lokasi isolasi tersebut.

"Kemarin memang untuk anak-anak sekolah fasilitasnya ditambah, ada toilet portabel, tambah fasilitas MCK, cuci tangan ditambah," katanya.

Selain itu, fasilitas lain yang juga ditambahkan di antaranya penambahan kipas angin dan dua unit televisi agar anak-anak merasa lebih nyaman saat menjalani isolasi.

Baca juga: Luhut pastikan kesiapan fasilitas isolasi terpusat-vaksinasi Solo-DIY

Baca juga: Surakarta fokus vaksinasi COVID-19 ibu hamil dan anak di atas 12 tahun

 
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021