Kasad bantu pengobatan Putri Walfi yang alami kelainan siku kanan

Kasad bantu pengobatan Putri Walfi yang alami kelainan siku kanan

Tangkapan layar tim medis berdoa sebelum melakukan tindakan operasi kepada Putri Walfi Amanah di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan bantuan medis kepada Putri Walfi Amanah anak bapak Adam Lutfi yang mengalami kelainan siku sebelah kanan akibat insiden enam tahun lalu yang menyebabkan patah tulang.

"Dari analisa kita, tadi memang merencanakan suatu tindakan rekonstruksi sikunya, yaitu dengan cara operasi," kata Dokter Spesialis Ortopedi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Kolonel Ckm dr. Edli Warman Sp.OT melalui tayangan YouTube TNI AD yang dipantau di Jakarta, Senin.

Kondisi tulang yang tidak sempurna sejak insiden tersebut menyebabkan siku lengan Putri tidak dapat bergerak secara normal. Setelah mendapatkan pemeriksaan intensif beberapa waktu yang lalu, maka Putri diputuskan oleh Tim Dokter Spesialis Ortopedi RSPAD Gatot Soebroto untuk segera dilakukan tindakan operasi.

Baca juga: Jenderal Andika semangati para anak yatim piatu

Siku sebelah kanan Putri mengalami malunion, yaitu suatu keadaan tulang patah yang telah menyatu dengan fragmen fraktur berada dalam posisi tidak normal (posisi buruk).

Selanjutnya akan dirilis serta direkonstruksi ulang sesuai anatomi tulang yang sehat, kata dia.

Baca juga: Istri Kasad bantu anak prajurit kelainan darah dirawat di RSPAD

"Kita melakukan operasi dengan tujuannya melepaskan atau merilis hal-hal yang mengganjal atau menghalangi siku itu, melipat, dan meluruskan," ujarnya.

Harapannya, setelah tindakan operasi dilakukan pasien bisa memaksimalkannya dan bengkokan siku tangan bisa lebih baik dari pada sebelumnya, ujar Kol Ckm dr Edli Warman.

Putri pada usianya yang masih tergolong belia membutuhkan perhatian serta kasih sayang lebih dari keluarga, terutama kedua orang tuanya untuk melalui semua proses pengobatan dan penyembuhan karena hal tersebut bisa membantu mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Jenderal Andika: Terus mengabdi untuk kemanusiaan
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021