Jakarta (ANTARA) - Hutan Kota Munjul yang berada di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, masih sepi aktivitas warga saat hari pertama pembukaan kembali pada Sabtu.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi sekitar pukul 12.30 WIB, hanya ada beberapa pengunjung yang melakukan aktivitas memancing di danau yang ada di kawasan Hutan Kota Munjul.

"Untuk pengunjung dibatasi hanya 250 orang. Tapi itu juga biasanya tidak sampai 100 orang sebelum pandemi," kata Petugas Keamanan Hutan Kota Munjul, Nur M Iman di lokasi.

Nur menambahkan, pengunjung yang akan masuk terlebih dahulu menunjukkan bukti vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. Untuk waktu operasional Hutan Kota Munjul mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

"Ke depannya juga akan digunakan kode batang (barcode). Jadi pengunjung yang masuk harus pindai (scan) dahulu. Begitu juga ketika mau keluar harus pindai lagi karena ini terhubung dengan balaikota," ujar Iman.

Pemprov DKI Jakarta kembali membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Total ada 59 RTH termasuk taman, hutan, Taman Margasatwa Ragunan dan kebun bibit yang kembali dibuka untuk pengunjung.

Daftar 59 RTH itu juga tertuang dalam SK Kadis Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Nomor 263 Tahun 2021.
Baca juga: Dihadiri Dubes Ukraina, RW 06 Munjul Jakarta Timur panen 25 kg anggur
Baca juga: Sabtu, 16 RTH DKI mulai dibuka dengan pembatasan 50 persen

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021