Omzet bazar UMKM campuran di Jakarta Pusat capai Rp96 juta

Omzet bazar UMKM campuran di Jakarta Pusat capai Rp96 juta

Wali Kota Jakarta Pusat membuka bazar UMKM Jakpreneur binaan yang diselenggarakan secara daring dan luring di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Pusat.

Jakarta (ANTARA) - Omzet bazar campuran daring dan luring usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jakpreneur yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) mencapai Rp96 juta pada hari pertama, Kamis (21/10).

Kasudin Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala mengatakan total omset tersebut didapatkan dari penjualan produk UMKM di gerai luring (offline) maupun daring.

"Total omset 'offline' mencapai Rp86,5 juta, sementara total 'online' Rp9,6 juta," kata Melinda di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan catatan Sudin PPKUKM, omset penjualan produk tertinggi lewat daring berasal dari Kecamatan Menteng mencapai Rp2 juta, sedangkan penjualan tertinggi lewat luring atau gerai berada di Kantor Walikota Jakarta Pusat sebesar Rp14,95 juta.

Adapun bazar yang menjual produk-produk UMKM Jakpreneur binaan ini dilaksanakan secara serentak di delapan kecamatan pada 21-22 Oktober 2021.

Baca juga: Pemkot Jakbar gelar bazar makanan halal murah untuk bantu warga

Gerai bazar Jakpreneur luring diadakan di sembilan lokasi, yakni Kantor Walikota Administrasi Jakarta Pusat, Kantor Sekretariat RW 02 Rajawali Selatan dan Belakang Pasar Rawasari.

Kemudian, Pusat Promosi Ikan Hias di Percetakan Negara, depan Kantor Kelurahan Menteng, Museum MH Thamrin, depan Taman Tulang Bawang, Jalan Awaludin 2 Kebon Melati dan lapangan sepak bola asrama Polri Kemayoran.

Sementara itu, bazar daring dapat diakses melalui situs resmi www.posjp.com.

Kasi Perdagangan Sudin PPKUKM Jakarta Pusat Vicky Suryawan menjelaskan bazar Jakpreuner di Kantor Walikota merupakan perwakilan dari setiap kecamatan.

Ada 40 peserta yang mengikuti di bazar di Kantor Walikota dengan 20 tenda yang disediakan. Untuk bazar di kecamatan sebanyak 30 peserta dengan 15 tenda.

Baca juga: Sudin PPKUKM Jaksel gelar bazar UMKM di tiga lokasi

Total sebanyak 645 UMKM Jakpreneur binaan yang mengikuti bazar itu terdiri dari 383 peserta UMKM daring dan 262 peserta luring.
 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021